PMI Kabupaten Pemalang Beri Pelatihan Pemeriksaan Skrining Antibodi Bagi Petugas Teknis UDD

PMI Kabupaten Pemalang Beri Pelatihan Pemeriksaan Skrining Antibodi Bagi Petugas Teknis UDD

PELATIHAN - Petugas teknis UDD PMI Kabupaten Pemalang sedang pelatihan pemeriksaan skrining antibodi dan golongan darah.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang. Mengadakan pelatihan pemeriksaan skrining antibodi dan golongan darah. Bagi para petugas teknis Unit Donor Darah (UDD) PMI setempat. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PMI Kabupaten Pemalang Ahmad Patah, Kepala UDD PMI Kabupaten Pemalang dr Darmanto dan perwakilan dari PT Medquest Jaya Global.

Ketua PMI Kabupaten Pemalang Ahmad Patah menyampaikan apresiasi kepada PT Medquest Jaya Global. Yang telah bersedia menjadi narasumber dalam pelatihan ini. Dia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para petugas teknis PMI. Dalam melakukan pemeriksaan antibodi skrining dan golongan darah. 

BACA JUGA:Penambahan Investasi ke Perumda Air Minum Kota Tegal Dinilai Layak

“Sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Kepala UDD PMI Kabupaten Pemalang dr Darmanto menambahkan, pemeriksaan antibodi skrining dan golongan darah. Merupakan salah satu layanan penting yang disediakan oleh PMI. Diharapkan pelatihan ini bagi PMI Kabupaten Pemalang dapat meningkatkan kapasitasnya dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini, PMI mengundang Dwi Andika dan Nurrizqi dari PT Medquest Jaya Global untuk memberikan materi pelatihan. 

BACA JUGA:Kemenpora Syuting Film Dokumenter Wirausaha Pemuda di Kabupaten Tegal

"PT Medquest Jaya Global merupakan perusahaan yang bergerak di bidang alat kesehatan dan laboratorium. Harapannya peserta akan lebih mudah memahami materi apa saja yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan tersebut,"katanya.

Pemeriksaan anti bodi adalah pemeriksaan darah yang dilakukan terhadap darah yang didonorkan oleh pendonor. Tujuan pemeriksaan ini adalah mendeteksi keberadaan antibodi terhadap berbagai penyakit, seperti hepatitis B, hepatitis C dan HIV/AIDS. 

BACA JUGA:Akses Pasar IKM LIK Takaru Kabupaten Tegal Semakin Luas

"Sedangkan pemeriksaan golongan darah dapat membantu dalam transfusi darah dan operasi yang membutuhkan darah UDD PMI Kabupaten Pemalang. Kegiatan pelatihan ini, yang pertama dan satu-satunya Pemeriksaan skrining antibodi ini di wilayah Pantura barat,"jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: