7 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar untuk Idul Adha

7 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar untuk Idul Adha

7 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Benar untuk Idul Adha-pinterest-

Hewan kurban yang sakit tidak boleh dipilih sperti demam, kudis, diare dan flu.

4. Postur Tubuh Ideal

Memilih hewan kurban yang baik salah satunya dengan memiliki postur tubuh yang ideal. Kurban yang gemuk serta postur tubuh yang ideal lebih disarankan. 

Pilihlah hewan kurban yang memiliki bentuk tubuh yang seimbang, tidak hanya besar di salah satu tubuh misalnya perutnya saja, tubuh bagian depan atau bagian belakangnya saja. 

Memilih hewan Kurban dengan postur tubuh yang ideal akan berpengaruh dengan jumlah daging yang didapat saat disembelih nantinya.

BACA JUGA:Tukang Potong Hewan Kurban Disarankan Tutup Aurat

5. Sesuaikan dengan Budget

Setiap muslim yang ingin berkurban pastinya ingin memilih hewan kurban dengan harga murah dan kualitas yang bagus. Namun, faktanya kualitas hewan kurban pastinya berbanding lurus dengan harganya.

Memaksakan diri membeli hewan kurban dengan harga mahal untuk mendapatkan kualitas yang baik, sebaiknya tidak dilakukan. Sebagai gantinya, anda bisa menyesuaikan dengan budget yang anda punya, asalkan syarat hewan kurban terpenuhi.

6. Pilih Penjual yang Terpercaya

Hewan kurban baik dan sehat, dapat diperoleh dari penjualan yang terpercaya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya kepada teman atau saudara Anda yang berpengalaman tentang hewan kurban, untuk mendapatkan referensi penjual hewan kurban yang terpercaya.

7. Membeli Langsung dari Peternak

Membeli langsung dari peternak ibarat membeli barang langsung dari tangan pertama. Membeli hewan kurban dari peternak pastinya akan mendapatkan harga yang relatif lebih murah, dibandingkan jika Anda membeli dari pedagang yang berkurban.

BACA JUGA:Waspada! Jelang Idul Adha, Marak Pencurian Hewan Kurban

Demikian informasi mengenai tips memilih hewan kurban yang baik dan benar, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: