Ini Dia 10 Alasan Pengajuan Pinjaman Ditolak, Hindari Melebihi Limit

Ini Dia 10 Alasan Pengajuan Pinjaman Ditolak, Hindari Melebihi Limit

alasan pengajuan pinjaman ditolak --foto kongkrit.com

Apabila calon debitur memiliki pekerjaan ataupun pendapatan yang kurang stabil, terdapat kemungkinan kreditur akan menolak pengajuan pinjaman. Hal ini disebabkan kreditor ragu apakah kalian bisa membayar lunas pinjaman nantinya di masa depan dan dengan prinsip kehati-hatian tentunya, bank tidak ingin adanya pinjaman yang macet. 

Jika kalian seorang freelancer ataupun pengusaha, tak perlu khawatir, kalian bisa menyiapkan bukti berkas keuangan seperti bukti pajak dan pendapatan lainnya.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Pinjaman yang Ditolak

5. Domisili di Luar Jangkauan Layanan

Ada instansi yang hanya menyediakan layanan pada beberapa area tertentu. Kemudian tempat domisili kalian ada di luar jangkauan. Karena itu, pastinya pengajuan pinjaman akan ditolak.

6. Masih Memiliki Pinjaman Lain

Berikutnya jika kalian masih memiliki pinjaman yang menunggak, ada kemungkinan juga bank akan menolak pengajuan pinjaman kalian yang baru. Hal ini dikarenakan bank takut kalian tidak bisa melunasi pinjaman dikarenakan sudah ada pinjaman yang belum dibayar. Karena itu, sebaiknya cek kembali apakah ada pinjaman yang belum dilunasi, maka segeralah cepat lunasi. 

7. Kondisi Internal Instansi Keuangan Itu Sendiri

Bila ada permasalahan internal dari instansi tersebut, bisa juga pinjaman kalian ditolak. Misalnya, instansi tersebut sedang mengalami masalah dan memiliki tingkat non performing loan yang tinggi. Sehingga, instansi tersebut akan lebih selektif untuk memilih kredit mana yang akan diterima untuk tidak membuat instansi itu jatuh semakin terpuruk.

8. Data Tidak Sesuai

Alasan pengajuan pinjaman ditolak selanjutnya yaitu data yang tidak sesuai. Bila bank menemukan adanya mismatch data, maka bank akan mencurigai bahwa ini merupakan tindakan penipuan. Sehingga, pengajuan untuk pinjaman kalian akan ditolak.

BACA JUGA:5 Penyebab Pengajuan Pinjaman Online Selalu Ditolak

9. Jaminan Tidak Sesuai

Salah satu penentu diterimanya pengajuan kredit yaitu aset yang dijadikan jaminan. Biasanya ditolak apabila aset yang dijadikan jaminan oleh si debitor tidak memiliki nilai yang sama dengan nominal pinjaman yang diajukannya, bisa juga aset yang dijadikan jaminan itu tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh si kreditor.

10. Riwayat Kredit yang Buruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: