10 Alasan Pinjaman Ditolak, Apa Saja?

10 Alasan Pinjaman Ditolak, Apa Saja?

alasan pinjaman ditolak--foto daya.id

DISWAYJATENG.ID - Alasan pinjaman ditolak seringkali tidak diketahui oleh calon nasabah, karena itu terkadang mereka bingung mengapa pengajuan pinjaman tidak disetujui. Nah, kalian pasti bertanya-tanya kenapa sih bisa ditolak, tak usah bingung dan tak perlu panik, ya.

Ada ga yang pernah ngalamin pas mau mengajukan pinjaman, ehh malah ditolak! Aduhhh, kenapa ya ini? Terdapat beberapa alasan pinjaman ditolak, jika kalian berniat mengajukan dana pinjaman di suatu lembaga keuangan yang bisa kalian perhatikan. 

Saat kalian membutuhkan dana pinjaman dengan cepat, sebagian orang sering menggunakan layanan tersebut untuk mengatasinya. Tetapi tidak sedikit dari mereka yang mengalami pengajuan tidak disetujui, ternyata ini dia alasan pinjaman ditolak. 

Lantas, apa saja alasan pinjaman ditolak? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir Pengajuan Ditolak, Begini Cara Mengatasi Pinjaman Ditolak dengan Mudah

10 Alasan Pinjaman Ditolak

1. Masih Memiliki Pinjaman Lain

Jika kalian masih mempunyai pinjaman yang menunggak, ada kemungkinan juga bank akan menolak pengajuan pinjaman kalian yang baru. Hal ini dikarenakan bank takut kalian tidak bisa melunasi pinjaman disebabkan sudah ada pinjaman yang belum dibayar. Karena itu, sebaiknya cek kembali apakah ada pinjaman yang belum dilunasi dan segera cepat terlunasi. 

2. Data Tidak Sesuai

Bila bank menemukan adanya mismatch data, maka bank akan mencurigai bahwa ini merupakan tindakan penipuan. Sehingga, pengajuan untuk pinjaman akan ditolak, ini merupakan salah satu alasan pinjaman ditolak. 

Sebagai calon debitor, jangan sampai memberikan data palsu. Baik secara parsial maupun keseluruhan, pemalsuan data diri juga bisa dikenakan hukum pidana. Apalagi bila si pemilik identitas mengetahui hal tersebut kemudian melaporkannya ke pihak berwajib. Karena itu, pastikan semua data dan dokumen yang diberikan untuk pengajuan pinjaman benar adanya.

BACA JUGA:5 Alternatif Pinjol Cepat Cair Tanpa Ditolak

3. Jaminan Tidak Sesuai

Alasan pinjaman ditolak berikutnya yaitu diakibatkan jaminan yang tidak sesuai. Salah satu penentu diterimanya pengajuan kredit yaitu aset yang dijadikan jaminan. Biasanya ditolak apabila aset yang dijadikan jaminan oleh si debitor tidak memiliki nilai yang sama dengan nominal pinjaman yang diajukannya, bisa juga aset yang dijadikan jaminan itu tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh si kreditor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: