Ketahui 8 Tips Melunasi Utang Pinjaman Online, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

Ketahui 8 Tips Melunasi Utang Pinjaman Online, Solusi Bebas dari Kejaran Debt Collector

tips melunasi utang pinjol --foto idx channel

4. Disiplin dalam Pembayaran

Tips selanjutnya yaitu disiplin dalam membayar utang pinjaman online. Jangan tergoda untuk mengambil pinjaman tambahan atau membelanjakan uang secara impulsif. 

5. Perpanjangan atau Restrukturisasi

Bicarakan dengan pemberi pinjaman. Sebab, beberapa perusahaan pinjol alias pinjaman online mungkin bersedia untuk mengatur ulang atau memberi perpanjangan waktu pembayaran. Cara ini bisa membantu kalian untuk membayar utang dengan lebih mudah.

6. Gunakan Dana Darurat

Jika kalian memiliki dana darurat, maka bisa menjadi salah satu tips untuk melunasinya. Hal ini bisa membantu menghindari akumulasi bunga tambahan dan biaya keterlambatan.

7. Tingkatkan Pemasukan

Tips berikutnya yaitu kalian perlu menambah pemasukan. Selain mengatur pengeluaran, upayakan untuk meningkatkan pemasukan. Bisa dengan kerja sampingan, jual barang tak terpakai atau cari peluang lain untuk menambah penghasilan.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Dijamin Aman dan Bebas dari Jeratan Utang

8. Analisis Pemasukan dan Pengeluaran

Tips selanjutnya untuk melunasi utangnya yaitu dengan menganalisis pemasukan dan pengeluaran secara rutin dan konsisten. Mulai dengan mencatat keuangan di buku catatan, menggunakan tabel di Excel atau menggunakan aplikasi keuangan.

Dari catatan tersebut, sisihkan sebagian pendapatan khusus untuk melunasi pinjol alias pinjaman online, misalnya sekitar 25% sampai 35% dari total pendapatan.

Demikian beberapa informasi mengenai tips melunasi utang pinjol alias pinjaman online yang bisa kalian lakukan dan terapkan, agar terbebas dari beban tagihan. Serta bijaklah selalu dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: