Verifikasi Faktual KRS Pemutahiran Data Kondisi Terkini di Kabupaten Pemalang

Verifikasi Faktual KRS Pemutahiran Data Kondisi Terkini di Kabupaten Pemalang

VERVAL - Petugas sedang melakukan verval KRS untuk pemutakhiran data terkini.Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Kegiatan verval Keluarga Resiko Stunting (KRS) tahun 2024, sedang dilaksanakan di Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Menggunakan aplikasi verbal berbasis web untuk melakukan pemutakhiran, verifikasi. Serta validasi data keluarga berisiko stunting.

Penyuluh KB Kecamatan Bantarbolang Kukuh Raharso mengatakan, ini  merupakan kegiatan pemutahiran, verifikasi dan validasi data Keluarga berisiko stunting. Serta merupakan suatu proses membandingkan antara data hasil pendataan keluarga.  Pemutakhirannya dengan kondisi terkini di lapangan untuk kemudian dimutahirkan sesuai kondisi terkini.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Berharap KONI Lakukan Optimalisasi Pembinaan Atlet

"Pelaksanaan verval menggunakan aplikasi Verval KRS berbasis web. Memudahkan proses pengumpulan dan pengolahan data. Serta memastikan data yang akurat dan terkini. Sesuai dengan kondisi lapangan," katanya.

Tujuannya untuk membandingkan data hasil pendataan keluarga dengan kondisi terkini di lapangan. Sehingga data keluarga berisiko stunting dapat dimutakhirkan sesuai dengan kondisi terbaru. 

BACA JUGA:Tim Jawa Tengah Kunjungi dan Verifikasi Bakti Sosial di IBI Kota Tegal

Verval KRS tahun 2024 juga dilakukan untuk menyediakan data keluarga berisiko stunting yang valid, akurat dan terbarukan. Data ini menjadi peta operasional dan peta sasaran yang digunakan oleh pemerintah desa, pemerintah daerah maupun pusat. Dalam merencanakan dan melaksanakan program percepatan penurunan stunting.

Sumirah, kader Desa Karanganyar, Kecamatan Bantarbolang mengatakan, verbal dengan aplikasi memudahkan dalam melakukan pendataan. Dengan mendatangi setiap sasaran, yaitu keluarga yang memiliki faktor risiko melahirkan anak stunting. Serta pendataan dilakukan sesuai kondisi saat ini. 

"Jadi menggunakan aplikasi Verval KRS, berbasis Android sehingga sangat mudah dan cepat," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: