7 Deretan Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah yang Populer dan Bikin Nagih

7 Deretan Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah yang Populer dan Bikin Nagih

jajanan tradisional khas jawa tengah --foto inews jateng

Jajanan tradisional khas Jawa Tengah selanjutnya yaitu Gethuk yang merupakan jajanan Magelang, terbuat dari singkong atau ketela pohon yang direbus kemudian ditumbuk halus. Jika ditarik ke belakang, pemilihan singkong di sini, karena pada zaman penjajahan dahulu sulit untuk menemukan beras, sehingga masyarakat berusaha mencari alternatif makanan pokok, yaitu singkong.

Gethuk kemudian dikreasikan dengan menambah pewarna, mengubah tampilan, dan menambahkan rasa manis atau asin ketika pembuatannya. Gethuk biasanya disajikan dengan parutan kelapa sebagai topping.

4. Klepon

Klepon merupakan sejenis kue yang berbentuk bulat mungil dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kue ini bertekstur legit. Ciri khas klepon yaitu adanya isian gula merah cair, yang akan 'meledak' di mulut ketika digigit. Klepon juga biasa disajikan satu paket dengan gethuk.

5. Serabi

Serabi merupakan jajanan khas dari Solo, Jawa Tengah. Bahan dasarnya adalah adonan tepung beras. Adonan ini kemudian dimasak di atas wadah tanah liat yang berbentuk seperti wajan kecil, kemudian dibakar menggunakan arang. 

BACA JUGA:7 Makanan Tradisional Jawa Tengah yang Unik dan Terkenal, Dikenal Kelezatan dan Kekhasannya

6. Lumpia

Warga Jawa Tengah, khususnya Semarang tentu sudah tidak asing dengan jajanan satu ini. Lumpia merupakan hasil dari perpaduan budaya Jawa dan Tiongkok yang berada di Semarang. Jajanan ini berbentuk tabung dengan isian rebung atau bambu muda. Lumpia kemudian digoreng, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah. Lumpia biasanya disajikan bersama cabai rawit atau acar.

7. Wajik

Jajanan tradisional khas Jawa Tengah yang terakhir yaitu Wajik dibuat dengan beras ketan yang dimasak bersama santan dan gula merah. Setelah matang, wajik kemudian dicetak dan dipotong berbentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk ini pada masyarakat Jawa sering disebut dengan wajik. 

Itulah beberapa informasi seputar daftar deretan jajanan tradisional khas Jawa Tengah yang bisa kalian coba diberbagai daerah dengan berbagai macam makanan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: