7 Deretan Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah yang Populer dan Bikin Nagih

7 Deretan Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah yang Populer dan Bikin Nagih

jajanan tradisional khas jawa tengah --foto inews jateng

DISWAY JATENG - Perkembangan zaman mendorong munculnya kreasi baru masyarakat termasuk dalam bidang kuliner hingga adanya beragam makanan modern. Namun, jajanan tradisional khas Jawa Tengah tetap memiliki daya tarik yang tidak bisa dilupakan.

Meskipun kita hidup dalam era makanan modern yang penuh dengan inovasi dan variasi, jajanan tradisional khas Jawa Tengah tetap memiliki tempat istimewa dalam hati masyarakat.

Jajanan tradisional khas Jawa Tengah biasanya menjadi pilihan wisatawan sebagai oleh-oleh atau buah tangan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Ada sejumlah makanan yang bisa menjadi pilihan dan dijamin rasanya tak kalah enak dari makanan modern yang saat ini banyak beragam dipasaran. 

Berbagai hidangan lezat yang telah diwariskan dari generasi ke generasi menunjukkan kekayaan budaya dan rasa yang melekat pada setiap wilayah, salah satunya jajanan tradisional khas Jawa Tengah yang bisa kalian temui diberbagai daerah. 

BACA JUGA:Destinasi Wisata di Jawa Tengah yang Terkenal Keanekaragam dan Keunikannya

Daftar Jajanan Tradisional Khas Jawa Tengah 

1. Putu Ayu

Kata 'ayu' disematkan pada nama kue ini karena visualnya yang berwarna hijau dipadukan dengan warna putih dari kelapa membuat tampilan kue ini sangat cantik.

Tekstur putu ayu mirip dengan kue bolu. Bahan dasarnya berasal dari tepung terigu, kelapa, dan gula. Putu ayu biasanya dicetak dengan bentuk bunga. Kue khas Jawa Tengah ini sangat cocok sebagai kudapan pendamping teh atau kopi di pagi hari.

2. Latopia

Latopia merupakan sejenis kue pia atau bakpia dari Tegal. Tampilannya serupa dengan bakpia pathok khas Jogja, tetapi sebenarnya ukuran Latopia lebih besar. Latopia dibuat dengan mencampurkan kacang hijau dan gula, lalu melapisi campuran tersebut dengan tepung sebelum akhirnya dipanggang.

Isiannya pun semakin beragam seiring dengan perkembangan zaman, termasuk adanya variasi coklat dan keju. Sebagai pilihan oleh-oleh bagi para wisatawan, latopia sangat populer. Harganya juga tergolong terjangkau, yakni sekitar Rp1.000 per bijinya.

BACA JUGA:10 Tradisi dan Budaya Unik di Jawa Tengah yang Masih Dilestarikan hingga Sekarang

3. Gethuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: