Daftar Oleh - Oleh Unik Khas Jawa Tengah Yang Populer Hingga saat ini

Daftar Oleh - Oleh Unik Khas Jawa Tengah Yang Populer Hingga saat ini

Oleh - oleh unik khas Jawa Tengah-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Berikut oleh-oleh unik khas Jawa Tengah dan beragam tempat wisata yang menarik. Setiap kota memiliki daya tariknya sendiri, termasuk sejarah, budaya masyarakat, objek wisata, dan oleh-oleh khasnya.

Jajanan tradisional biasanya menjadi pilihan wisatawan sebagai oleh-oleh atau buah tangan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Ada sejumlah oleh- oleh unik Jawa Tengah yang populer bisa menjadi pilihan dan dijamin rasanya tak kalah enak dari makanan modern yang saat ini.

Oleh karena itu, mengunjungi Jawa Tengah selama akhir pekan atau libur panjang adalah pilihan yang sangat baik. Kamu bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang eksotis sekaligus menjelajahi kelezatan kuliner setempat khususnya oleh-oleh unik khas Jawa Tengah ini.

Selain itu, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh unik khas Jawa Tengah sebagai kenang-kenangan, karena hampir setiap daerah di provinsi ini memiliki produk khasnya sendiri. 

Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Makanan Khas Jawa Tengah Yang Unik Dan Legendaris

 

1. Getuk Trio

Jawa Tengah memiliki banyak makanan khas tradisional, Salah satu yang paling populer adalah getuk trio. Jajanan tradisional yang satu ini berasal dari Magelang dan menjadi cemilan favorit. Nama trio menunjukkan tiga lapisan berbeda warna yang menjadi ciri khas makanan ini.

Getuk trio ini terbuat dari ubi kayu sehingga menjadi jajanan sehat yang bisa Anda pilih. Jangan lupa untuk memborong oleh-oleh khas Magelang ini untuk keluarga di rumah. Cemilan imut ini akan menjadi buah tangan spesial untuk keluarga. Apalagi harganya juga cukup murah.

2. Jenang

Salah satu yang sayang jika terlewat adalah jenang Kudus. Jenang ini biasanya memiliki kemasan kecil dan isian yang beragam. Sehingga Anda bisa membawanya dalam jumlah banyak dengan lebih mudah. Rasanya yang manis membuat makanan ini cocok untuk makanan penutup. 

Jika berkunjung ke Jawa Tengah pastikan Anda membawa keranjang yang cukup besar. Karena ada berbagai oleh-oleh yang bisa Anda nikmati dan bawa pulang untuk dibagikan kepada keluarga.

BACA JUGA:5 Rest Area di Jawa Tengah yang Unik

3. Sale Pisang

Oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang dari Jawa Tengah adalah sale pisang. Sale merupakan makanan ringan yang berasal dari pisang dan memiliki cita rasa manis. Makanan ini berasal dari Desa Mangli, Kebumen.

Sesuai namanya, bahan dasar untuk membuat sale adalah buah pisang. Buah pisang tersebut diiris-iris dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Tujuannya agar pisang tersebut awet dan tahan lama.

Setelah pisang tersebut kering, tahap selanjutnya adalah membalutnya dengan adonan tepung. Setelah itu, baru digoreng di minyak yang tidak terlalu panas.Untuk mendapatkan makanan yang satu ini, Anda bisa datang ke berbagai pedagang di desa asalnya atau juga beberapa daerah di Jawa Tengah.

4. Telur Asin

Berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya Brebes, wajib sekali untuk membawa pulang telur asin sebagai oleh-oleh. Telur asin banyak dijumpai dengan mudah di jalur Jakarta-Jawa yaitu Pantai Utara atau Pantura. Makanan ini merupakan telur bebek yang memiliki cita rasa yang asin. Rasa asin dari telur bebek tersebut berasal dari garam.

Cara membuatnya sendiri cukup lama, bahkan bisa sampai enam minggu jika ingin mendapatkan rasa yang lebih asin. Karena rasanya yang asin dan gurih, telur ini juga sering dinikmati bersama nasi hangat. 

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Pegunungan Unik Dan Populer Yang Memiliki Panorama Di Jawa Tengah

5. Nopia

Jika melewati Banyumas atau Purbalingga, maka sempatkan diri untuk mencari makanan khas daerah tersebut yaitu nopia. Kue ini mirip dengan bakpia dari Yogyakarta, latopia dari Tegal atau juga Yopia dari Rembang.

Nopia merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang berisi gula merah. Cara membuatnya dengan memanggang adonan tersebut menggunakan tungku khusus yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar dari pelepah pohon kelapa.

Kue ini memiliki tekstur kulit yang keras dan renyah. Serta isian adonan gula merah dengan rasa bawang merah goreng. Anda bisa menemukan makanan yang satu ini di Purbalingga dan Banyumas. Untuk menikmati makanan tradisional ini, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam karena harganya yang relatif murah.

6. Kain Batik Pekalongan

Batik Pekalongan adalah oleh-oleh yang wajib Anda dapatkan jika berkunjung ke Jawa Tengah khususnya Pekalongan. Jangan sampai Anda tidak membawa oleh-oleh ini karena banyak turis mancanegara yang mencarinya.

Batik Pekalongan adalah hasil karya yang sudah sangat terkenal. Bahkan saking terkenalnya, Kota Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik. Corak batik Pekalongan memang sangat unik dengan perpaduan warna yang cocok.

Terlebih, batik Pekalongan terbukti mampu bertahan menyesuaikan perkembangan zaman. Anda akan sangat menyesal jika tidak sempat membelinya. Karena tidak hanya wisatawan lokal, batik ini juga menjadi pilihan favorit turis mancanegara.

BACA JUGA:5 Tarian Tradisional Jawa Tengah yang Populer

7. Kerajinan Eceng Gondok

Selain makanan, oleh-oleh khas Jawa Tengah yang bisa Anda bawa pulang adalah kerajinan tangan, misalnya saja kerajinan tangan eceng gondok. Kreasi tangan ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi bagi peminatnya. Anda bisa menemukan berbagai kerajinan eceng gondok dalam berbagai bentuk seperti tas, sandal, tempat buah dan lain sebagainya.

Lahirnya kerajinan eceng gondok merupakan bukti inovasi dari masyarakat Jawa Tengah. Eceng gondok yang biasanya tak terpakai, kali ini bermanfaat untuk membuat kerajinan tangan. Terlebih dari kerajinan tersebut dapat menghasilkan uang.

Itulah ulasan oleh oleh unik khas Jawa Tengah yang populer hingga saat ini, bisa dijadikan referensi saat Anda berlibur ke Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: