10 Makanan Khas Tegal yang Hits dengan Cita Rasa yang Unik, Penggemar Kuliner Wajib Coba!

10 Makanan Khas Tegal yang Hits dengan Cita Rasa yang Unik, Penggemar Kuliner Wajib Coba!

makanan khas tegal--foto theasianparent

DISWAY JATENG - Berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Tegal merupakan Kota di lintas pantai utara yang pernah menjadi cikal-bakal berdirinya Korps Marinir.

Seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada 15 November 1945. Selain itu, belakangan Tegal juga kerap disebut-sebut sebagai Kota Kuliner karena banyaknya sentra kuliner yang mulai bermunculan di kota Tegal ini.

Tidak cuma ragam makanan kekinian, ada banyak juga makanan khas Tegal yang menarik untuk dicicipi kala bertandang ke Kota Kuliner ini.

Berikut Daftar Rekomendasi Makanan Khas Tegal dengan Cita Rasa yang Khas :

1. Kupat Glabed

Makanan khas Tegal yang tidak boleh dilewatkan adalah Kupat Glabed. Dibuat dari potongan ketupat yang disirami kuah santan kental yang sangat gurih ini dijamin bisa membuat kalian ketagihan. Ditambah dengan renyahnya kerupuk, membuat kuliner Tegal ini semakin sedap disantap.

BACA JUGA:Minat Warga Kabupaten Tegal dalam Mengurus Identitas Kependudukan Digital Rendah

2. Rujak Teplak

Rujak Teplak diolah dari beragam sayuran yang direbus seperti kangkung, daun lemayung, daun pepaya, dan berbagai sayuran lainnya, yang menjadi ciri khas dari makanan khas Tegal ini dengan tambahan “sambal gaul”.

Sambal gaul ini sendiri merupakan olahan dari singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu pedas. Dengan keunikan rasa yang khas Rujak Teplak menjadi salah satu kuliner legendaris yang bisa kalian temui di Tegal.

3. Glotak

Glotak terbuat dari berbahan dasar gembus, sejenis oncom yang kemudian dimasak dengan berbagai macam bumbu sehingga menghasilkan rasa yang gurih.

Gembus ini kemudian dimasak kembali bersama kaldu dan tambahan cabai untuk memberikan cita rasa pedas. Suara “glotak-glotak” pada proses memasak kuliner inilah yang kemudian membuatnya disebut sebagai Glotak.

4. Sega Lengko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: