9 Tips Ampuh Merawat HP agar Tetap Awet dan Kencang, Tahan Bertahun-tahun

9 Tips Ampuh Merawat HP agar Tetap Awet dan Kencang, Tahan Bertahun-tahun

9 Tips Ampuh Merawat HP Agar Tetap Awet dan Kencang, Tahan Lama Hingga Bertahun-tahun-pinterest-

Cabut charger setelah baterai penuh dan hindari mengisi daya semalaman. Sebaiknya, gunakan charger Ori atau yang direkomendasikan oleh produsen untuk menjaga kesehatan baterai.

4. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Memperbarui sistem operasi dan aplikasi juga ampuh dalam meningkatkan performa hp supaya tetap kencang. Pastikan kamu selalu menginstal pembaruan terbaru yang disediakan oleh produsen, karena setiap sistem operasi yang diupdate dapat memperbaiki bug serta meningkatkan keamanan ponsel.

BACA JUGA:Hp Jadi Lemot? Ini 9 Cara Meningkatkan Performa Hp Agar Makin Kencang

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Merawat hp dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan dapat meningkatkan kinerja sebuah smartphone. Kapasitas ruang penyimpanan yang penuh hanya akan memperlambat proses kerja hp. 

6. Matikan Hp Secara Rutin

Seperti halnya komputer, HP juga perlu di-restart secara berkala untuk menyegarkan sistem dan membersihkan cache. Matikan HP setidaknya sekali seminggu agar sistem dapat bekerja secara optimal.

7. Hindari Paparan Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak komponen internal hp. Hindari meninggalkan hp di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari, di bawah jok motor, atau di tempat yang sangat dingin.

8. Gunakan Aplikasi Pembersih 

Aplikasi pembersih bisa membantu menangani file sampah dan cache yang tidak perlu. Pilih aplikasi pembersih yang tidak menguras memori agar tidak memperlambat kinerja HP.

Pastikan selalu, ruang penyimpanan hp tidak terlalu penuh. Bila perlu, pindahkan foto, video, dan file besar lainnya ke penyimpanan eksternal atau cloud untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan internal.

9. Lindungi Hp dari Serangan Virus

Tips terakhir untuk merawat hp adalah memberi proteksi hp dari serangan virus atau malware. Hp merupakan perangkat yang rentan terhadap virus, dan hacker yang bisa mengakses informasi serta akun kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: