Hp Jadi Lemot? Ini 9 Cara Meningkatkan Performa Hp Agar Makin Kencang

Hp Jadi Lemot? Ini 9 Cara Meningkatkan Performa Hp Agar Makin Kencang

Hp Jadi Lemot Ini Cara Meningkatkan Performa Hp Agar Makin Kencang-pinterest-

DISWAY JATENG - Smartphone atau hp merupakan perangkat yang kita gunakan setiap hari untuk berbagai keperluan. Namun, seiring waktu performanya dapat menurun dan hp jadi lemot. Oleh sebab itu penting untuk meningkatkan performa hp agar makin kencang. 

Hp yang lemot bisa menjadi masalah besar, yang dapat menggangu kenyamanan serta menghambat aktivitas, terutama bagi para pekerja yang menggunakan hp. Lantas, bagaimana cara meningkatkan performa hp agar makin kencang?

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi hp jadi lemot, mulai dari penyimpanan penuh, banyak menginstal aplikasi yang tidak perlu, sistem operasi yang sudah lama, dan terkena virus. Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa hp agar makin kencang.

Nah, kira-kira apa saja ya? Simak artikel ini sampai habis untuk mengatahui cara meningkatkan performa hp agar makin kencang.

BACA JUGA:Cara Mengecas Hp Android yang Benar Agar Awet dan Tahan Lama

 

1. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Yang membuat hp kamu jadi lemot adalah memori yang penuh. Cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan dapat menjadikan memori hp penuh, sehingga bisa memperlambat kinerja HP. Untuk itu, kamu harus bersihkan cache dan data aplikasi secara berkala.

Caranya cukup mudah, namun setiap hp memiliki pengaturan yang berbeda. Kamu bisa masuk ke menu Settings, pilih Storage atau Storage & Memory, kemudian pilih Cached Data dan konfirmasi untuk menghapus cache.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan dapat memakan ruang penyimpanan dan memori. Sebaiknya, hapus aplikasi yang tidak diperlukan atau nonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. 

Dengan uninstall aplikasi tersebut, maka beban kinerja hp akan jadi lebih ringan. Hal ini dapat meningkatkan performa hp kamu jadi lebih kencang.

3. Batasi Widget dan Animasi

Widget dan animasi dapat menguras baterai dan memori yang bisa membuat hp jadi lemot. Batasi penggunaan widget dan nonaktifkan animasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: