5 Fakta Menarik Tentang Kota Tegal yang Jarang Diketahui, Dijuluki Jepangnya Indonesia

5 Fakta Menarik Tentang Kota Tegal yang Jarang Diketahui, Dijuluki Jepangnya Indonesia

Fakta menarik tentang kota Tegal, dijuluki Jepangnya Indonesia--

Fakta menarik tentang dari Kota Tegal berikutnya, yakni terkenal akan tradisi mocinya. Moci merupakan sebuah tradisi berupa minum teh bersama.

Namun yang menjadi pembeda, yakni tradisi ini dilakukan dengan cara menyeduh teh dalam poci yang dibuat oleh tanah liat. Bahkan sampai saat ini tradisi Moci masih dilestarikan oleh warga Tegal, lho.

4. Rahimnya Marinir

Lokasi di Tegal yang mendukung menjadikan kota ini banyak cabang-cabang sekolah pelayaran oleh pemerintah kolonial belanda pada zaman dulu. Di arsip ALRI, Zee Vaartschool di Surabaya, sebagai sekolah untuk menciptakan mualim besar juga memiliki cabang di Semarang dan Tegal.

BACA JUGA:Daftar 5 Kota Terpadat di Jawa Tengah Menurut Data BPS, Nomor 1 Bukan Semarang!

Sedangkan pada zaman penjajahan Jepang, Kota Tegal juga dibangun Sekolah Pelayaran Tinggi (SPT) dan Sekolah Pelayaran Rendah (SPR). Dengan adanya sekolah tersebut menghasilkan kaum bahariwan, embrio dari Angkatan Laut Indonesia.

5. Bahasa Ngapak yang Khas

Bahasa di Tegal memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan daerah di Jawa lainnya. Yang menjadi pembeda karena letak kota Tegal berada di dekat perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Perbedaan bahasa ngapak tersebut mencolok lantaran terdapat perbedaan intonasi, pengucapan dan makna kata. Selain pada intonasinya, dialek Tegal juga memiliki ciri khas pada pengucapan setiap frasanya.

Demikian informasi seputar fakta menarik tentang kota Tegal, mulai dari tokoh utama dari daerah ini hingga beberapa fakta lainnya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: