Daftar 5 Kota Terpadat di Jawa Tengah Menurut Data BPS, Nomor 1 Bukan Semarang!

Daftar 5 Kota Terpadat di Jawa Tengah Menurut Data BPS, Nomor 1 Bukan Semarang!

5 kota terpadat di jawa tengah --

DISWAY JATENG - Kota terpadat di Jawa Tengah sering menjadi pangkalan masalah sosial. Dengan kepadatan penduduk yang tinggi menjadikan sebuah kota atau kabupaten menimbulkan kesenjangan sosial.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kota terpadat di Jawa Tengah ada 5 di Indonesia. Data ini menunjukan bahwa, kepadatan penduduk mencapai 1.120 jiwa setiap Km2.

Dengan adanya kota terpadat di Jawa Tengah, harga tanah, harga pangan, lapangan kerja, hingga tempat hunian menjadi masalah yang sangat berpotensi. Kepadatan penduduk di Jawa Tengah berada di bawah DKI Jakarta, Jabar dan Banten.

DKI Jakarta jumlah penduduknya 15.978 jiwa/km2, Jabar 1.379/km2, Banten 1.248 jiwa/km2, dan DIY 1,185 jiwa/km2. Berikut kota terpadat di Jawa tengah yang perlu kamu ketahui.

BACA JUGA:7 Daerah Termiskin di Jawa Tengah Terbaru, Nomor 1 Jarang Diketahui!

BACA JUGA:20 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank, Nomor 1 Masuk 10 Besar Nasional!

Daftar kota terpadat di Jawa Tengah menurut data BPS

1. Kota Solo atau Surakarta

Nomor satu tempati oleh Kota Solo yang ada di Jawa Tengah. Mempunyai angka kepadatan penduduk mencapai 11.361 jiwa per kilometernya. Jumlah penduduk sebanyak 522.728 menurut data BPS 2021.

Kepadatan penduduk di angka ini sama halnya dengan DKI Jakarta. Jumlah penduduk di Kota ini akan terus meningkat karena banyaknya pendatang baru seperti mahasiswa, bahkan pekerja yang menetap, sehingga kota ini menjadi padat.

2. Kota Magelang

Merupakan salah satu kota terkecil di Jawa tengah yang punya julukan sejuta bunga. Kota Magelang menempati urutan kedua setelah Solo.

Kota ini mempunyai posisi strategis karena berada di jalur utama dan menghubungkan antara Semarang dan Yogyakarta. Kepadatan penduduk di kota mencapai angka 7.572 jiwa per kilometernya.

Jumlah penduduk di Magelang sebanyak 121.610 jiwa berdasarkan data BPS 2021. Dengan data ini menjadikan Kota Magelang menjadi urutan kedua setelah Solo.

BACA JUGA:10 SMA Terbaik Jawa Tengah Berdasarkan Nilai UTBK Terbaru, Nomor 1 Masuk ke Ranking 5 Besar Nasional!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: