Tanamkan Jiwa Nasionalisme, 346 Mahasiswa PPG UPS Ikuti Diklat Wawasan Kebangsaan

Tanamkan Jiwa Nasionalisme, 346 Mahasiswa PPG UPS Ikuti Diklat Wawasan Kebangsaan

Direktur program Pendidikan profesi guru Dr. Beni Habibi MPd di dampingi Dr.Taufiqulloh MHum dan pemateri dalam kegiatan diklat wawasan Kebangsaan.-Tangkapan layar Humpro UPS-

DISWAY JATENG Tegal - Program Pendidikan Profesi guru (PPG) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar diklat Wawasan Kebangsaan. Pendidikan dan pelatihan ini mengusung tema 'Penanaman nilai nilai Wawasan Kebangsaan dan landasan kepemimpinan bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Tahun Akademik 2023/2024'.  

Diklat Wawasan Kebangsaan dilaksanakan Minggu, 28 April 2024 di Aula Kampus 2 Universitas Pancasakti, Jalan Perintis Kemerdekan Tegal. Kegiatan ini mulai dialksanakan pukul 07.30 hingga 17.30 WIB.

Diklat Wawasan Kebangsaan diikuti oleh 346 mahasiswa yang terdiri 3 angkatan di tahun 2024 dan 2023 Gel 1 Semester 2  2023 ada 183 mahasiswa, Gel 2 Semester 2 2023 ada 104 dan Gel 1 Semester 1 ada 59 yang terdiri 59 Pembimbing. 

Diklat Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme bagi mahasiswa PPG UPS.

BACA JUGA:Yudisium FPIK UPS Tegal Bertabur Prestasi yang Membanggakan

Calon guru profesional tanamkan nilai-nilai cinta Tanah air

Dr Beni Habibi M.Pd selaku Direktur Program Pendidikan Profesi guru (PPG) UPS Tegal menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai cinta tanah air juga melatih kedisiplinan melalui kegiatan PBB dan out bound. 

Menurutnya, ini untuk membentuk karakter kerjasama tim dan membentuk jiwa kepemimpinan bagi calon guru profesional yang akan menjadi ujung tombak dikelas pada saat pembelajaran. "Alhamdulillah para peserta Nampak antusias dan semangat  mengikuti kegiatan semacam ini,” ucap Dr Beni Habibi M.Pd.

Selanjutnya, Dr Beni Habibi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan di dua tempat yaitu di aula kampus 2 dan di lapangan kampus 2. Untuk yang pertama diisi oleh Kapten Armed Asep Koswara mengisi materi Inti tentang Wawasan Kebangsaan. Kemudian pemateri kedua diisi oleh Kapten Infanteri Sokhip Setiyadi yang membahas tentang Kepemimpinan dan Karakter.

BACA JUGA:IWPS UPS Tegal Peringati Hari Kartini

Sedangkan Pemateri ketiga di isi oleh Komandan Suratno yang mengisi tentang Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang dilakukan di dalam dan di luar ruangan.

"Semoga kegiatan semacam ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses sebagai bekal kedisiplinan bagi para calon guru profesional," ujar Dr Beni habibi dalam sambutannya.

Sementara itu Dr Taufiqulloh M.Hum selaku Rektor Universitas Pancasakti Tegal menyampaikan mengenai empat pilar negara kebangsaan Indonesia, mulai dari Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal ika.

BACA JUGA:UPS Tegal Lepas Purna Tugas 2 Orang Pegawai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: