Mahasiswa PPG UPS Meriahkan Gelar Karya Proyek Kepemimpinan

Mahasiswa PPG UPS Meriahkan Gelar Karya Proyek Kepemimpinan

Dr Benny Habibi MPd saat memberikan sambutan dalam acara Gelar Karya Proyek Kepemimpinan Pendidikan Profesi Guru(PPG) Prajabatan gelombang 1 Tahun 2023 UPS Tegal-Tangkapan layar Agus Mutaalimin-

Disway Jateng Tegal - Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengadakan Gelar Karya Proyek Kepemimpinan. Mengangkat tema 'Sinergitas Pendidikan Inovatif, Adaptif, dan Global melalui Gelar Karya Proyek Kepemimpinan'.

Kegiatannya diikuti oleh 18 stand bertempat di Auditorium Daryoen Senoatmodjo Universitas Pancasakti Tegal minggu, 25 Spetember 2024. Berbagai karya yang dipamerkan yaitu hasil implementasi mahasiswa PPG UPS Tegal di tengah lingkungan sekolah dan masyarakat.

BACA JUGA:120 Mahasiswa Manajemen FEB UPS Tegal Diuji Kompetensi LSP MSDM Unggul Indonesia

Gelar karya proyek kepemimpinan

Dr Beni Habibi M.Pd selaku direktur Pendidikan Profesi Guru UPS Tegal mengatakan kegiatan gelar karya sebagai luaran dari mata kuliah wajib yaitu Proyek kepemimpinan pada semester 2 bagi mahasiswa PPG Prajabatan yang bertujuan melatih kemampuan kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan service learning atau pembelajaran berbasis pelayanan kepada komunitas dan masyarakat yang menjadi target.

Juga untuk belajar langsung dengan mitra dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat diluar pembelajaran dikelas. Program ini mendukung visi dan misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Sehingga nantinya ketika menjadi guru professional sudah memiliki kompetensi yang komprehensif dan siap melahirkan pemimpin-pemimpin yang  berkarakter, kreatif dan inovatif yang menjadi salah satu pelopor aksi nyata dalam kepemimpinan pendidikan. "UPS Tegal menyediakan Program Profesi Guru (PPG) yang dibutuhkan oleh masyarakat," Ungkap Dr Beni.

BACA JUGA:UPS Tegal Jalin Kerja Sama dengan ITB Widya Gama Lumajang

Neni Hendaryati M.Pd koordinator dosen proyek kepemimpinan menyampaikan gelar karya proyek kepemimpinan ini adalah rangkaian kegiatan akhir dari mahasiswa PPG. Karya yang dipamerkan merupakan edukasi mereka untuk memberikan saat di sekolah, seperti  membuat kerajinan, obat obatan, Makanan, pertanian, peternakan, wirausaha, atau bahkan kreativitas. Harapannya pameran karya kepemimpinan ini bisa meningkatkan talenta para mahasiswa PPG. 

Selama satu tahun atau dua semester mereka mengikuti PPG, hasilnya mereka implementasi dalam pemeran karya. "Ada 18 stand pameran 183 mahasiswa yang mewakili program studi masing-masing. Antara lain prodi IPA A dan B, Matematika A dab B, Bahasa Indonesia A dan B, PKN, dan BK," jelas Neni Hendaryati.

Sementara itu Wakil Rektor 1 Prof Dr Purwo Susongko M.Pd mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan gelar karya ini. Ini sebagai bentuk karya mahasiswa PPG Prajab UPS, dimana pada semester pertama mahasiswa dituntut untuk melakukan pameran tentang apa apa yang sudah dilaksanakan. 

BACA JUGA:Tanamkan Jiwa Nasionalisme, 346 Mahasiswa PPG UPS Ikuti Diklat Wawasan Kebangsaan

pada semester pertama di komunitas masyarakat, ada yang disekolah, Panti Asuhan, pesantren dan taman bacaan serta tempat tempat lain. "Semoga Kegiatan gelar karya ini bermanfaat," ujar Prof Purwo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: