9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Metabolisme Tubuh

9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh salah satunya dapat menurunkan BERAT BADAN.--Sumber gambar: Melarossa

Hormon tersebut akan membantu setiap sel organ dan otot tubuh menyerap lebih banyak nutrisi. Semakin banyak nutrisi yang terserap, semakin baik juga tubuh menjalankan berbagai fungsinya.

4. Mengendalikan Nafsu Makan

Tujuan puasa adalah bisa mengendalikan nafsu makan kembali normal, pada penderita obesitas, tubuh kesulitan untuk mengatur hormon pemicu rasa lapar. Akibatnya, penderita obesitas cenderung uakan makan secara berlebihan.

Puasa secara rutin, dapat membuat tubuh secara otomatis mengatur kembali produksi hormon pemicu lapar. Dan melepaskannya ketika tubuh benar-benar membutuhkan asupan makanan.

5. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Manfaat puasa untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Puasa bermanfaat dapat mendorong produksi protein yang dapat mendukung perkembangan dan pembentukan saraf pada otak.

Protein tersebut akan mendorong sel punca (induk) di otak agar mengeluarkan sel-sel saraf baru sehingga muncul berbagai reaksi kimia. Hal tersebut yang memiliki efek baik terhadap sistem kerja otak, protein tersebut  membantu melindungi sel otak dari kelainan, seperti alzheimer.

BACA JUGA:Amankah Puasa Mutih untuk Kesehatan? Berikut Manfaat, Risiko dan Panduannya

6. Mengaktifkan Detoksifikasi Tubuh

Manfaat selanjutnya yang dapat Anda dapatkan adalah dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas atau detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses ketika tubuh memperoleh gizi yang tepat dengan memberikan kesempatan untuk membuang zat-zat beracun dalam tubuh.

Detoks akan berlangsung ketika berpuasa, di mana sistem pencernaan seperti susu halus, usus besar, lambing, pankreas, dan hati, akan beristirahat selama sekitar 12 jam. Ketika seseorang berbuka, organ pencernaan akan bekerja dengan lebih baik lagi.

7. Mencegah Jerawat dan Menjaga Kesehatan Kulit

Puasa bisa mempercepat proses regenerasi kulit karena tubuh tidak harus bekerja keras menjalankan fungsi sistem pencernaan. Oleh karena itu, puasa dapat menjaga kesehatan kulit seperti mencegah munculnya jerawat.

BACA JUGA:6 Ide Menu Buka Puasa yang Manis Khas Indonesia, Nomor 2 Paling Diincar Saat Bulan Ramadhan

Puasa juga dapat memperbaiki fungsi organ hati dan ginjal, ini membuat tubuh dapat lebih mudah mengeluarkan racun dari dalam. Termasuk racun yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: