6 Ide Menu Buka Puasa yang Manis Khas Indonesia, Nomor 2 Paling Diincar Saat Bulan Ramadhan

6 Ide Menu Buka Puasa yang Manis Khas Indonesia, Nomor 2 Paling Diincar Saat Bulan Ramadhan

menu buka puasa yang manis--foto tokopedia

DISWAY JATENG - Teman-teman, sudahkah kalian memilih menu buka puasa yang akan disantap nanti?  Dibanding gorengan dan makanan pedas, menu buka puasa yang manis cocok disantap sebelum mengonsumsi makanan berat.

Selain itu, menu buka puasa yang manis dapat meningkatkan kadar gula darah yang turun selama berpuasa. 

Kenapa gula darah turun saat puasa? Karena, kita hanya mendapatkan asupan gula saat sahur, kemudian gula tersebut akan diubah menjadi energi selama puasa. Karena itu, kita dianjurkan untuk menu buka puasa yang manis-manis. 

Artinya, lama-kelamaan asupan gula di dalam tubuh akan berkurang seiring banyaknya kegiatan yang dilakukan. Nah, untuk meningkatkan kadar gula darah setelah berpuasa, berikut ini ada ide menu buka puasa yang manis dari makanan dan jajanan khas Indonesia.

BACA JUGA:Mudah Membuatnya, Inilah 10 Menu Buka Puasa yang Sehat dan Lezat selama Bulan Ramadhan

1. Klepon

Kue tradisional kha Jawa ini berwarna hijau yang diketahui telah ada sejak tahun 1950-an, Sejak dulu, klepon sudah disantap sebagai kudapan untuk menemani masyarakat Jawa dalam minum teh.

Nah, klepon juga cocok untuk menu berbuka puasa yang ringan, manis, nikmat, dan tidak terlalu mengenyangkan. 

Jangan salah, meski berukuran kecil, klepon terbuat dari tepung ketan yang menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. 

2. Kolak

Menu buka puasa yang manis yang tidak ketinggalan yaitu kolak yang merupakan minuman atau makanan khas Indonesia, yang terbuat dari irisan pisang dan ubi yang disiram kuah santan. 

Kolak sangat mudah ditemukan pada momen bulan Ramadhan, sebagai minuman favorit buka puasa. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolak juga sederhana, yaitu pisang tanduk, ubi jalar, santan, gula merah, nangka, daun pandan, dan garam. 

Membuat kolak sendiri lebih sehat, karena kita dapat mengendalikan rasa manis serta memastikan bahannya sehat dan berkualitas.

BACA JUGA:10 Menu Buka Puasa Berbuka dengan Olahan Ayam yang Menggugah Selera, Patut Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: