Adakan Bimbingan Teknis Bangun Bisnis di Era Digital kepada Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal

Adakan Bimbingan Teknis Bangun Bisnis di Era Digital kepada Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal

DUKUNGAN - Kabid UMKM Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan memberikan dukungan pada 35 wirausaha pemuda dalam gelar bimtek membangun bisnis di era digital.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Sebagai pembina UMKM,  Pemkab Tegal melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal. Berupaya melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah.

Hal tersebut diwujudkan dengan menggelar bimbingan teknis strategi membangun bisnis di era digital kepada 35 wirausaha pemuda  yang digelar di Co Working Space.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan  Kabupaten Tegal Imam Rudy Kurnianto melalui Kabid  UMKM Sunarso  menyatakan, pelatihan dan bimtek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka peningkatan daya saing produk UMKM.

BACA JUGA:386 Kantung Beras Bansos Dibagikan kepada Warga Rembul Kabupaten Pemalang

"Sekaligus memberikan wawasan tentang pentingnya digitalisasi bagi pelaku UMKM di Kabupaten Tegal," ujarnya. 

UMKM memiliki peran yang besar dalam pembangunan di bidang ekonomi. Mereka punya peran penting  dalam mendorong pemberdayaan ekonomi rakyat yang mampu memperluas lapangan kerja. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, dalam peranannya UMKM  perlu mendapatkan dukungan dari berbagi pihak. 

“Baik pemerintah sebagai fasilitator, maupun pihak  terkait sebagai pendukung," cetusnya. 

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Kodim Pemalang Adakan Operasi Pasar Murah

Strategi membangun bisnis di era digital saat ini menjadi alternatif pilihan yang  tepat dalam rangka menjembatani pelaku UMKM. Khususnya usaha mikro yang mengalami kesulitan dalam pemasaran secara langsung (offline).   Sehingga diperlukan strategi di era digital melalui digital marketing.

Digital marketing punya peran yang sangat vital dalam era digital saat ini. Terutama bagi usaha mikro kecil dan menegah. Dengan kekuatan serta potensi yang dimiliki oleh digital marketing, UMKM dapat mengatasi keterbatasan sumber daya yang mereka miliki. 

“Serta bersaing secara efektif dengan perusahaan-perusahaan besar. Melalui penerapan stategi digital marketing yang efesien, UMKM punya peluang untuk memperluas cakupan bisnis mereka," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: