IKM Logam Kabupaten Tegal Pasok Kebutuhan Industri Otomotif Nasional

IKM Logam Kabupaten Tegal Pasok Kebutuhan Industri Otomotif Nasional

MENINJAU - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah saat meninjau LIK Takaru, di Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI  – Industri Kecil Menengah (IKM) logam Kabupaten Tegal menjadi pemasok komponen otomotif tier dua. Pada rantai pasok perusahaan industri otomotif nasional

Pasokan ini tidak hanya ke PT Astra Honda Motor, tapi juga ke PT Toyota Astra Motor, PT Astra Daihatsu Motor dan PT Suzuki Indomobil Motor.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan Industri Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disperintransnaker) Kabupaten Tegal Irsyat Sumarwanto menuturkan, melalui branding Tegal sebagai Jepangnya Indonesia menjadi terobosan untuk mengadopsi budaya dan sistem kerja dari negara matahari terbit tersebut.

BACA JUGA:Tingkatkan Layanan MPP Alaya Sewagati, Pemkot Tegal Adakan Coffe Morning

Selain itu juga sebagai komitmen kemitraan IKM logam Kabupaten Tegal dengan perusahaan besar Jepang di sektor otomotif.

Menurutnya, Pemkab Tegal melalui Disperintransnaker telah bekerja sama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk mengembangkan ekosistem industri lokal agar mampu berkolaborasi dengan ekosistem manufaktur industri besar.

Guna mendukung daya saing IKM logam di Sentra Ceper tersebut, Pemkab Tegal bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) dan YDBA menggelar beragam pembinaan untuk mengembangkan kompetensi teknis sumber daya manusia (SDM), penguatan kualitas produk, pendampingan sertifikasi ISO, serta penguatan akses pasar dan kemitraan.

BACA JUGA:Kontingen Olympicad Kota Tegal Resmi Dilepas

“Kami terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku industri logam agar produknya dapat diterima industri skala besar, selain memberikan jaminan kemudahan layanan perizinan berusaha dan berinvestasi,” ujarnya.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan bahan baku sentra logam di Kabupaten Tegal telah didukung oleh material center atas inisiasi dan kerja sama Disperintransnaker Kabupaten Tegal bersama Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Ditjen IKMA) RI.

Dia menambahkan salah satu upaya untuk menjembatani IKM logam di Kabupaten Tegal dalam menjajaki pasar baru di sektor industri otomotif ialah melalui program link and match dengan perusahaan besar.

BACA JUGA:Disnaker Kabupaten Pemalang Janjikan Hak Karyawan Perusahaan Garmen akan Diproses

Selain itu juga terus memberikan fasilitas pendampingan 5R atau ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin, dan agenda temu bisnis yang difasilitasi Kementerian Perindustrian RI agar kehidupan industri logam Kabupaten Tegal semakin tumbuh serta pola kemitraan yang terjalin menjadi penyemangat pelaku industri logam.

“Saat ini sudah ada sekitar 70 IKM Logam yang sudah berada di bawah binaan YDBA dan 16 IKM logam diantaranya sudah menjalin kemitraan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: