Wajib Tahu, Inilah 7 Cara Hapus Data KTP di Pinjol Ilegal dari HP Terbaru 2024

Wajib Tahu, Inilah 7 Cara Hapus Data KTP di Pinjol Ilegal dari HP Terbaru 2024

cara hapus data ktp di pinjol ilegal--foto radar tegal

DISWAY JATENG - Banyak orang yang sekarang ini masih terjerat dengan pinjaman online atau pinjol. Namun kalian perlu tahu cara hapus data KTP di pinjol ilegal.

Tak hanya itu, masih ada yang kesulitan membedakan antara pinjaman online yang legal dan ilegal. Kalau sudah masuk lingkaran pinjaman online ilegal ini, kita harus buru-buru keluar. Karena itu, kalian harus mengetahui cara hapus data KTP di pinjol ilegal ini.

Apalagi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sendiri sudah menghimbau masyarakat untuk mengambil pinjaman ke pinjol legal. Alasannya, lantaran kebanyakan pinjol ilegal memberikan bunga yang mencekik. Alhasil bukannya menyelesaikan masalah, tapi malah membuat masalah baru. Maka untuk Mencegah hal tersebut terjadi, debitur pinjaman online dapat melakukan cara hapus data KTP di pinjol ilegal. 

Belum lagi, cara penagihan dari pinjol ilegal ini pun terkadang membuat beberapa masyarakat merasa tertekan. Banyak kasus keluhan terkait penagihan pinjol ilegal yang bahkan beberapa diancam oleh DC pinjol tersebut agar segera melunasi tagihannya. Untuk menghindari hal tersebut wajib ketahui cara hapus data KTP di pinjol ilegal tersebut. 

BACA JUGA:Jangan Khawatir! Inilah Cara Efektif Menghapus Data KTP di Pinjol Tanpa Mengganti Kartu SIM

BACA JUGA:Simak, Inilah Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol, beserta Alasan dan Tipsnya Agar Tidak Disalahgunakan

Ada juga yang sudah diteror untuk melakukan pelunasan padahal belum jatuh tempo. Lalu bagaimana caranya agar bisa terhindar dari pinjol ilegal ini?

Data KTP yang disimpan oleh pinjol ilegal bisa menimbulkan masalah bagi penggunanya. Data tersebut bisa disalahgunakan untuk memeras, mengancam, atau menyebarkan informasi pribadi ke pihak lain.

Karena itu, penting bagi pengguna pinjol ilegal untuk menghapus data KTP mereka dari aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Hapus Data Identitas Pribadi di Pinjol Ilegal

Berikut ini adalah cara cepat menghapus data KTP pinjol yang praktis dan bisa langsung diterapkan dari Handphone :

BACA JUGA:9 Cara Menghapus Data Pribadi dari Platform Pinjol Terbaru 2024, Hindari Penyebaran Data

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ada 9 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan, Aman dan Efektif

  1. Hubungi customer service pinjaman online yang bersangkutan dan ajukan permohonan penghapusan data KTP kalian. Jelaskan alasannya dan minta konfirmasi bahwa permintaan kalian sudah diproses.
  2. Cara hapus data KTP di pinjol ilegal adalah ganti nomor ponsel kalian dengan SIM card baru. Hal ini untuk mencegah pinjaman online menghubungi kalian atau orang-orang yang menjadi kontak darurat kalian.
  3. Pastikan juga kalian sudah melunasi semua tagihan pinjaman online yang kalian gunakan. Jangan gunakan cara ini untuk menghindari kewajiban membayar pinjaman.
  4. Uninstall aplikasi pinjaman online dari HP kalian Caranya, buka menu pengaturan, pilih opsi aplikasi, cari aplikasi pinjol, dan pilih opsi uninstall.
  5. Laporkan pinjol ilegal ke OJK atau polisi. Caranya, kunjungi situs web OJK atau datangi kantor OJK terdekat. Sertakan bukti-bukti pinjol ilegal, seperti nama aplikasi, nomor telepon, email, screenshot, dan lain-lain. Hal ini untuk membantu OJK menindak pinjol ilegal dan melindungi masyarakat dari praktik pinjaman online yang tidak bertanggung jawab.
  6. Cara hapus data KTP di pinjol ilegal selanjutnya adalah reset HP kalian ke pengaturan pabrik. Caranya, buka menu pengaturan, pilih opsi sistem, pilih opsi reset, dan pilih opsi reset semua data. Hal ini untuk menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di HP kalian.
  7. Hapus akun media sosial kalian dari HP. Caranya, buka menu pengaturan, pilih opsi akun, cari akun media sosial kalian, dan pilih opsi hapus akun. Hal ini untuk mencegah pinjol mengakses data kalian dari media sosial.

Demikian beberapa informasi mengenai cara hapus data KTP di pinjol ilegal yang cepat dan praktis serta bisa langsung praktek dari HP. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan pinjaman online. Pastikan juga untuk memilih pinjol yang legal dan terdaftar di OJK. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: