Jangan Khawatir! Inilah Cara Efektif Menghapus Data KTP di Pinjol Tanpa Mengganti Kartu SIM

Jangan Khawatir! Inilah Cara Efektif Menghapus Data KTP di Pinjol Tanpa Mengganti Kartu SIM

cara hapus data KTP di pinjol--foto lombokinsider

DISWAY JATENG - Pinjaman online (Pinjol) sering dimanfaatkan orang yang membutuhkan uang dengan cara cepat dan mudah.

Sayangnya tidak semua pinjol legal terdaftar di OJK. Banyak pinjol ilegal yang justru menjerat nasabahnya dengan bunga yang tinggi sehingga kesulitan mengembalikan dana yang dipinjamnya. 

Saat mengajukan pinjaman online baik dari aplikasi ataupun situs, nasabah akan dimina untuk mengisi sejumlah data diri, data tersebut juga termaksud dengan KTP, disertai foto. Hal ini mungkin saja bisa menjadi sangat berisiko khususnya bila pinjaman online yang digunakan merupkan pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK.

Apabila proses peminjaman sudah selesai dilakukan dan tunggakan sudah lunas, kalian dapat menghapus data diri pada aplikasi maupun situs pinjaman tersebut. Bagi kalian yang ingin menghindari penggunaan pinjaman online dan ingin menghilangkan data KTP dari aplikasi pinjol, berikut beberapa langkah yang perlu diketahui.

Informasi KTP yang masih ada dalam aplikasi Pinjol rentan disalah gunakan bahkan dapat diperjual belikan. Karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui cara menghapusnya tanpa harus mengganti kartu SIM.

BACA JUGA:5 Pinjol yang Ada DC Lapangan Legal Resmi Terdaftar OJK Terbaru 2023, Jangan Sampai galbay!

Menghapus data KTP dari aplikasi pinjol tanpa mengganti kartu SIM menjadi penting terutama jika kalian terjebak dalam pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebelum mempelajari cara menghapus data KTP dari aplikasi pinjol tanpa ganti kartu SIM, bagi kalian yang memiliki angsuran belum terlunasi, kalian perlu melunasi terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa langkah ini tidak dimaksudkan untuk menghindari kewajiban pembayaran pada pinjol yang legal dan terdaftar di OJK.

Jangan sampai hutang yang kalian miliki pada pinjol legal tidak dilunasi dengan alasan tertentu karena hal ini bisa mengakibatkan blokir melalui BI checking atau SLIK OJK.

Jika suatu saat kalian membutuhkan pinjaman dari pinjol legal lainnya, permohonan akan dapat ditolak karena catatan buruk pada BI checking atau SLIK OJK.

Namun berbeda halnya dengan pinjol ilegal yang perlu dihindari. Kalian harus menghapus data KTP dari aplikasi mereka.

Berikut Cara Efektif untuk Menghapus Data KTP dari Aplikasi Pinjol Tanpa Perlu Mengganti Kartu SIM 

1. Uninstall atau hapus aplikasi pinjol

Hapus aplikasi Pinjaman Online, kalia bisa menghapus aplikasi pinjaman online tersebut sebagai cara alternatif. Jika semua utang sudah dilunasi dan data sudah dibersihkan dan hapus data KTP kalian dahulu, namun kalian masih terganggu dengan teror pinjaman online, segeralah laporkan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), OJK akan menerima laporan khususnya terkait dengan pinjaman ilegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: