Peserta ISM 2024 UPS Tegal Menginap di Rumah Warga Lokal

Peserta ISM 2024 UPS Tegal Menginap di Rumah Warga Lokal

BERBAUR – Peserta ISM 2024 yang diadakan UPS berbaur dengan warga serta menginap di rumah warga lokal.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, TEGAL - Pengalaman baru kembali dirasakan peserta International Student Mobility (ISM) 2024 yang diselenggarakan Universitas Pancasakti Tegal (UPS). Setelah belajar membatik, mereka menginap selama tiga hari dua malam di rumah warga lokal dan berbaur dengan masyarakat di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Setelah mereka menjalani camping dan games di Guci Forest. Salah satu peserta ISM 2024 asal Ghana, Ellen Ekuful, mengungkapkan jika pengalaman ini memberinya kesempatan untuk bisa berinteraksi dengan warga lokal, makan dengan makanan setempat dan kegiatan menyenangkan lainnya. 

BACA JUGA:Bupati Pemalang Apresiasi Pembangunan Gedung RGP Convention Center

“Ini kali pertama saya ke Indonesia, dan langsung merasakan suasana kehidupan warga lokal,” ucap mahasiswa jurusan manajemen itu. 

Kepala UPT Kerja Sama dan Urusan Internasional UPS Ihda Rosdiana MHum menyampaikan, seluruh peserta ISM 2024, baik mahasiswa asing maupun mahasiswa nasional selama tiga hari dua malam tinggal bersama warga lokal di Desa Cempaka. Tidak hanya tinggal di rumah warga lokal saja, mereka juga mengikuti kegiatan atau aktivitas yang biasanya dilakukan warga sekitar.

BACA JUGA:KSU Semesta Kabupaten Pemalang Kembangkan Usaha Ternak Kambing

Misalnya, seperti pergi membajak sawah, memanen singkong, mempersiapkan jualan untuk dibawa ke pasar, dan lainnya. “Kegiatan ini bertujuan agar peserta ISM 2024 mengetahui kehidupan warga lokal dan menumbuhkan rasa peduli serta tanggung jawab,” ucap Ihda.

Sabtu siangnya, diselenggarakan International Student Championship di halaman salah satu MTs Desa Cempaka dan diikuti seluruh peserta. Lomba yang diadakan meliputi Speech, Dance, Modelling, Essay, Photography, Poster Design, dan Vlog. Dewan jurinya berasal dari Indonesia, India, Filipina, Swedia, Bangladesh, dan Jerman. 

BACA JUGA:Syabanan, Masjid UI Kabupaten Pemalang Kebanjiran Sedekah

Malam harinya diadakan Pentas Rakyat yang diisi perwakilan anak muda Desa Cempaka dan juga peserta ISM 2024. “Peserta dan warga berbaur selama acara berlangsung,” imbuh Ihda. 

ISM 2024 yang dibuka oleh Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum beragendakan Sit In Program di UPS meliputi Workshop Bahasa Tegal, Leadership, Enterpreunership, dan Mangrove Planting. Kemudian dilanjutkan Cultural Visit, Company Visit, Camping, Community Service dan International Competition.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: