Syabanan, Masjid UI Kabupaten Pemalang Kebanjiran Sedekah

Syabanan, Masjid UI Kabupaten Pemalang Kebanjiran Sedekah

BERDOA - Jamaah khusuk berdoa dalam acara rutin tahunan Syabanan di Masjid UI.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Acara rutin tahunan yang digelar oleh sebagian besar umat Islam pada pertengahan bulan Syaban atau yang sering disebut Syabanan. Berlangsung meriah di Masjid Ukhuwah Islamiyah (Masjid UI) Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang.

Syaban dilakukan salat sunah dan pembacaan yasin 3 kali. Hal itu diharapkan dapat mengabulkan doa yang disampaikan oleh para jamaah. Diantaranya agar diberikan umur panjang, rizki yang barokah, kesehatan.

BACA JUGA:DPPKBP2PA Kota Tegal Jalankan Program Bantuan Telur Cegah Stunting

Salah satu jamaah Faisol menyampaikan, kegiatan Syabanan di masjid UI sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Jamaah pria dan wanita hadir lebih banyak dari jamaah di luar Syabanan.

"Tadi dilaksanakan sehabis Salat Magrib hingga waktu Isya, dilanjutkan Salat Isya lalu pembagian sedekah,” katanya.

Tamir masjid UI Ismail mengatakan, untuk sedekah, meskipun harga kebutuhan pokok relatif tinggi, termasuk harga beras. Namun jumlah orang yang bersedekah sangat banyak. Ada yang berupa makanan siap saji ataupun berupa beras, telur dan kelengkapan lauknya.

BACA JUGA:Diskusi Wisata, Wali Kota Tegal Atasi Persoalan di Obyek Wisata Kokoba

Menurutnya, Syabanan yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunya. Di samping menjadi pengingat akan datangnya bulan Ramadan, juga sebagai tradisi umat Islam. Dalam rangka menaikan amal kebaikan kehadirat Allah SWT.

"Makanya ketika seleruh amal kebaikan manusia akan dilakukan (dilaporkan), manusia berlomba-lomba untuk beramal baik melalui sedekah,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: