DPPKBP2PA Kota Tegal Jalankan Program Bantuan Telur Cegah Stunting

DPPKBP2PA Kota Tegal Jalankan Program Bantuan Telur Cegah Stunting

BALUR CANTING - Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal dr Rofiqoh MM memberikan edukasi usai menyerahkan bantuan.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Wali Kota Tegal tentang Gerakan Peduli Stunting dengan Pola Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) sebagai Strategi Percepatan Penurunan Stunting, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal menjalankan Program Balur Canting. 

Program Balur Canting atau Bantuan Telur Cegah Stunting mulai dijalankan. Penyerahan Bantuan Telur dilakukan Kepala DPPKBP2PA dr Rofiqoh MM bersama Sekretaris DPPKBP2PA Khusnul Hidayati SE MSi kepada Sasaran Penerima Donasi di Kecamatan Tegal Timur, Kecamatan Tegal Selatan, Kecamatan Margadana, dan Kecamatan Tegal Barat.

BACA JUGA:Wakil Wali Kota Tegal Minta agar Masyarakat Menjaga 3 Hikmah Salat

Yaitu, atas nama Akins Malik Hamdan, anak dari pasangan Akhmad Malik dan Siti Solikha yang beralamat di Jalan Surabayan, RT 3 RW 4, Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur. Kedua, untuk Adzkia Zea Al meera, anak dari pasangan M Zakylutfianto dan Ade Widiya yang beralamat di Jalan Ir Juanda, RT 2 RW 2, Kelurahan Kalinyamat Wetan, Kecamatan Tegal Selatan.

Ketiga, untuk Salman Al Farizi, anak dari pasangan Suharto dan Tin Nurain yang beralamat di Jalan Banyuwangi, RT 5 RW 1, Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana. Keempat, untuk Aresha Raiqa Shafiah, anak dari pasangan  Arif Nuryanto dan Kusniyati yang berlamat di Jalan Nanas, RT 7 RW 5, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat.

BACA JUGA:Diskusi Wisata, Wali Kota Tegal Atasi Persoalan di Obyek Wisata Kokoba

Penyerahan bantuan telur didampingi Kader Tim Pendamping Keluarga, Penyuluh Keluarga Berencana, dan Pemerintah Kelurahan. DPPKP2PA ingin memberi contoh, bahwa kami sudah bergerak. Selanjutnya, akan dilanjutkan sosialisasi kepada seluruh OPD dan bekerja sama dengan Baznas Kota Tegal, kata Kepala DPPKBP2PA dr Rofiqoh MM. 

Program Balur Canting bersumber dari donasi Aparatur Sipil Negara DPPKBP2PA senilai Rp15.000 per ASN yang dikumpulkan setiap Jumat. Ada lima kategori Sasaran Penerima Donasi yakni calon pengantin berisiko, ibu hamil Kurang Energi Kronis, ibu nifas berisiko, anak berusia di bawah dua tahun (baduta) stunting usia 6 sampai 23 bulan, dan Keluarga Berisiko Stunting kurang mampu.

Tidak hanya ke OPD, sosialisasi juga akan dilakukan ke perusahaan, termasuk BUMN dan BUMD. Program Balur Canting rencananya akan dijalankan sampai Maret 2024 dan dapat diperpanjang. Februari ini, satu hari satu telur. Berikutnya, satu hari dua telur, ucap dr Rofiqoh. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: