Cara Mengatasi Anemia dengan Suplemen, Berikut 4 Kandungan Suplemen untuk Menambah Darah

Cara Mengatasi Anemia dengan Suplemen, Berikut 4 Kandungan Suplemen untuk Menambah Darah

Suplemen penambah darah untuk anemia-Hello Sehat-

DISWAYJATENG - Anemia adalah suatu kondisi di mana tidak ada cukup sel darah merah dalam darah untuk mengantarkan oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi anemia.

Anemia dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kekurangan zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Salah satu cara mengatasi anemia adalah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin. 

Lalu, cara mengatasi anemia dengan suplemen dan vitamin apa saja yang baik untuk menambah darah? Simak penjelasannya di bawah ini.

Suplemen dan vitamin penambah darah yang dapat membantu mengatasi anemia adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Anemia, Konsumsi 8 Makanan Ini untuk Tambah Darah

1. Suplemen zat besi

Anemia biasanya dapat dengan mudah diatasi dengan meningkatkan asupan zat besi dari makanan. Zat besi banyak terdapat pada daging merah, sayuran hijau, buah-buahan kering, kacang-kacangan, dan makanan yang diperkaya zat besi.

Namun, diet saja mungkin tidak cukup bagi mereka yang rentan terhadap anemia, seperti wanita hamil, remaja yang sedang menstruasi, dan penderita penyakit kronis. Mereka perlu mengonsumsi zat besi tambahan dalam bentuk suplemen.

Ada banyak jenis suplemen zat besi oral, termasuk tablet, kapsul, obat tetes dan pil, mengutip Cleveland Clinic.

Tujuan mengonsumsi suplemen zat besi oral adalah untuk meringankan gejala anemia dengan meningkatkan kadar zat besi dan hemoglobin dalam tubuh.

Namun, kamu tidak boleh mengonsumsi suplemen zat besi tanpa mengetahui dosis dan cara pemberian yang benar.

Meskipun efektif dalam mencegah anemia, suplemen zat besi dapat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara tidak sengaja. Ini karena terlalu banyak zat besi dalam tubuh dapat menjadi racun.

Jika suplemen zat besi dikonsumsi tanpa saran medis, ada risiko overdosis: dosis tunggal 10-20 miligram dapat menyebabkan gejala keracunan zat besi seperti mual, muntah, dan sakit perut.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Anemia dengan Buah dan Sayuran, Efektif Meningkatkan Tekanan Darah dengan Cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: