Cara Mengatasi Anemia dengan Suplemen, Berikut 4 Kandungan Suplemen untuk Menambah Darah

Cara Mengatasi Anemia dengan Suplemen, Berikut 4 Kandungan Suplemen untuk Menambah Darah

Suplemen penambah darah untuk anemia-Hello Sehat-

2. Vitamin C

Cara mengatasi anemia selanjutnya adalah dengan Vitamin C. Karena dapat meningkatkan penyerapan dan penyimpanan zat besi dalam hati, sehingga suplemen vitamin C dapat meningkatkan kadar hemoglobin karena zat besi diubah menjadi sel darah.

Mengonsumsi 25 mg vitamin C akan menggandakan penyerapan zat besi, dan mengkonsumsi 250 mg vitamin C akan meningkatkan penyerapan zat besi hingga lima kali lipat.

Oleh karena itu, orang-orang, terutama mereka yang menderita anemia, harus memastikan bahwa mereka memenuhi kebutuhan harian vitamin C tubuh.

Namun, karena vitamin C lebih lama disimpan di dalam tubuh, lebih baik mendapatkannya dari makanan segar. Vitamin C yang dikonsumsi dengan suplemen biasanya dikeluarkan dengan cepat melalui urin.

BACA JUGA:Kenali Jenis, Penyebab dan Tips Atasi Anemia Ampuh saat Hamil Trimester 1

Jika kamu ingin mendapatkan vitamin C dari makanan alami, perhatikan proses memasaknya.

Proses memasak yang tidak tepat dapat mengurangi kandungan vitamin C pada makanan hingga 50-80%.

Kamu perlu mengetahui cara mengolah makanan dengan benar. Sayuran dan buah-buahan yang tinggi vitamin C tidak boleh dimasak dengan api besar, tetapi juga tidak boleh dimasak dengan suhu yang terlalu tinggi (api kecil), dan kamu harus menambahkan sedikit air untuk mengurangi hilangnya vitamin C.

Suplemen vitamin C dapat dikonsumsi bersamaan dengan suplemen zat besi untuk memperbaiki kondisi pada berbagai jenis anemia.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C bersama dengan makanan nabati yang kaya akan zat besi akan meningkatkan penyerapannya.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang terlibat dalam pembentukan sel darah merah, metabolisme sel, fungsi saraf dan produksi DNA. Kebutuhan vitamin B12 dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang merupakan sumber vitamin ini, seperti

  1. Daging ayam
  2. Daging sapi
  3. Ikan
  4. Produk susu

Jika kamu didiagnosis menderita anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, dokter kamu mungkin akan menyarankan agar kamu meningkatkan asupan makanan yang tercantum di atas.

Namun, dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu mengonsumsi suplemen vitamin B12 untuk meningkatkan aliran darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: