Inilah 5 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Membayar Paling Efektif Terbaru 2024

Inilah 5 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Membayar Paling Efektif Terbaru 2024

cara melunasi utang pinjol tanpa membayar--foto kabar utama

DISWAY JATENG - Agar terbebas dari hutang pinjol, ada 5 cara melunasi utang pinjol tanpa membayar ini bisa kalian lakukan sebagai jalan terakhir.

Karena, jika berhutang tentunya punya kewajiban untuk membayarnya. Bagi kalian yang terjerat hutang di pinjol, mungkin 5 Cara melunasi utang Pinjol tanpa membayar ini bisa dipraktekan. Sehingga, kalian bisa terbebas dari jeratan hutang tersebut.

Jadi, lakukan 5 cara melunasi utang pinjol tanpa membayar ini bila kalian memang terdesak dan tidak bisa membayarnya. Selain itu, juga kalian perlu mengecek legalitas dari perusahaan itu sendiri.

Bagi kalian yang sudah terlanjur terjerat pinjol, berikut 5 cara melunasi utang pinjol yang bisa kalian praktekan. Adapun kelima cara tersebut akan dibahas dalam artikel berikut ini.

1. Hitung Kemampuan Membayar

BACA JUGA:Nasabah Galbay Tak Perlu Stres Lagi, Ini 5 Tips Melunasi Beban Hutang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun

Langkah pertama dari 5 cara melunasi hutang pinjol tanpa membayar yaitu dengan menghitung lebih dulu kemampuan membayar kalian. Jangan sampai saat meminta keringanan kalian tidak bisa menentukan besaran kemampuan membayar.

Hitung-hitungan ini, akan sangat berguna saat kalian yang melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan pinjol tersebut. Sehingga, saat perusahaan pinjol memberikan kelonggaran, kalian bisa menentukan besarannya, sekaligus tidak akan membuat terbebani.

Cara menghitung kemampuan itu, salah satunya dengan menginventarisir sumber dan besaran pemasukan. Kemudian bandingkan dengan pengeluaran kalian. Jika, pemasukan lebih besar, artinya kalian bisa menggunakan sisanya untuk membayar pinjaman. Sementara, jika pengeluaran yang lebih besar, maka kalian perlu mencari sumber pendapatan lainnya, misalnya bekerja sambilan.

2. Menggabungkan Utang Menjadi Satu

Bila kalian terlanjur mengambil pinjaman di beberapa perusahaan pinjol dan kalian mengalami kesulitan, coba untuk menggabungkannya. Dengan menggabungkan tersebut, maka suku bunga yang kalian bayarkan akan lebih kecil.

Penggabungan hutang pinjol bisa kalian lakukan jika memungkinkan untuk melakukannya. Bila saat kalian meminta restrukturisasi pinjaman online.

3. Tidak Melakukan Aktivitas Peminjaman Lagi

Jika hutang kalian sudah di restrukturisasi atau telah lunas, maka jangan melakukan aktivitas peminjaman lagi. Karena hal itu, akan membuat kalian kembali terjerat pinjol, bahkan bisa memperburuk keadaan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: