Ini Dia 4 Rahasia Cara Agar Kontak WhatsApp Aman dari Akses Pinjol, Tetap Waspada

Ini Dia 4 Rahasia Cara Agar Kontak WhatsApp Aman dari Akses Pinjol, Tetap Waspada

cara agar kontak whatsapp aman dari pinjol --foto gridpop

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau pinjol dinilai lebih mudah dan praktis untuk meminjam uang. Meski terbilang mudah, kalian juga perlu waspada terhadap pinjol dan mengetahui cara agar kontak Whatsapp aman dari akses pinjol.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak masyarakat yang tergiur dengan pinjaman online atau pinjol. Sebab, beberapa pinjol ilegal dikabarkan bisa mengakses kontak WA alias WhatsApp kita. Dengan ini, perlu ketahui cara agar kontak whatsapp aman dari akses pinjol. 

Tentu kalian tidak mau jika kontak WhatsApp diketahui oleh pinjol bukan? Dimana akses tersebut biasa digunakan untuk meneror jika tidak bayar tagihan. Namun cara agar kontak whatsapp aman dari akses pinjol bisa menjadi solusi yang tepat agar data kalian tetap terlindungi dan tidak diganggu oleh pihak pinjaman online. 

Padahal OJK sendiri sudah mengimbau kepada beberapa pinjol, mereka hanya boleh mengakses tiga hal dari peminjam, seperti camera, microphone dan lokasi. Selebihnya, pinjol tak boleh mengakses apalagi sampai ke kontak WA. Lantas, bagaimana cara agar kontak WhatsApp aman dari akses pinjol?

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Melindungi Kontak HP dari Oknum Pinjol Ilegal, Berikut Ciri-cirinya yang Wajib Dihindari

Berikut dirangkum dari berbagai sumber Disway Jateng akan menjelaskan secara detail beberapa langkah cerdas dan tepat yang bisa kalian coba dan terapkan. Yuk simak berikut ini.

 

1. Ganti Nomor SIM Card

Cara agar kontak WhatsApp aman dari akses pinjol yaitu setelah aplikasi pinjol dihapus, kalian bisa langsung mengganti kartu SIM Card. Tujuannya agar tidak diganggu lagi oleh panggilan dari pinjaman online tersebut.

2. Menolak Perizinan Akses

Biasanya secara tidak sadar, peminjam mengizinkan pinjol untuk mengakses aplikasi ke kontak. Hal inilah yang menyebabkan pihak pinjol bisa mengetahui data penting dari ponsel debitur seperti nomor kontak, lokasi, alamat email, dan lain-lain. Jika sudah terlanjur, langsung saja mblokir akses perizinan tersebut di pengaturan.

3. Hapus Data Aplikasi Pinjol

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan yang ada di telepon kalian
  • Pilih pada bagian Aplikasi
  • Cari aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  • Pilih Hapus Data dan Cache.

4. Hapus Aplikasi Pinjol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: