6 Cara Ampuh Melindungi Kontak HP dari Oknum Pinjol Ilegal, Berikut Ciri-cirinya yang Wajib Dihindari

6 Cara Ampuh Melindungi Kontak HP dari Oknum Pinjol Ilegal, Berikut Ciri-cirinya yang Wajib Dihindari

cara melindungi kontak hp dari oknum pinjol ilegal --foto youtobe

DISWAY JATENG - Beberapa pinjol ilegal sering melakukan cara yang merugikan nasabah, salah satunya yaitu menghubungi kontak darurat nasabah untuk menagih utang. Namun, cara melindungi kontak HP dari oknum pinjol ilegal perlu dilakukan agar tidak merasa dirugikan. 

Cara paling ampuh untuk melindungi kontak HP dari oknum pinjol ilegal yaitu dengan tidak memberikan izin untuk mengakses ponsel kalian. Karena, kebanyakan aplikasi pinjol saat pertama kali diinstal akan meminta izin akses ke berbagai fitur di smartphone, termasuk kontak. 

Pinjol alias pinjaman online merupakan salah satu produk keuangan yang semakin marak digunakan di Indonesia. Nah, dalam artikel telah kami rangkum beberapa cara melindungi kontak HP dari oknum pinjol ilegal agar tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Tak jarang aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal menyadap ponsel para debitur. Hal tersebut menimbulkan ketakutan kontak HP bakal disebar secara sengaja. Lantas bagaimana cara melindungi kontak HP dari oknum pinjol ilegal? Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA:4 Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP dengan Ilegal, Cara Efektif Agar Aman dari Teror

Cara Melindungi Kontak HP dari Oknum Pinjol Ilegal Agar Tetap Aman Terkendali 

1. Menonaktifkan Hubungan Aplikasi Pinjaman Online ke Sosmed

Sebaiknya menonaktifkan perizinan tersebut agar pihak penjual tidak bisa mengakses nomor handphone nasabah. Apabila tetap ingin menghubungkan nomor telepon dengan media sosial sebaiknya jangan menggunakan nomor yang diberikan ke aplikasi pinjol alias pinjaman online.

2. Mengatur Daftar Kontak

Nasabah harus mengubah nama kontak asli dengan nama kontak palsu agar nantinya pihak aplikasi tidak menghubungi kontak tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengamankan kontak yang ada pada smartphone supaya tidak dihubungi oleh pihak pinjaman online.

3. Menghindari Perizinan dari Aplikasi Pinjaman Online 

Melansir dari asetpintar.com, pada proses penginstalan aplikasi sebaiknya selalu memperhatikan setiap perizinan yang harus disetujui untuk mengamankan kontak.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi? Berikut 6 Solusi Cerdas yang Bisa Dicoba

4. Menghapus Data dari Aplikasi Pinjaman Online 

Caranya:

  • Buka menu pengaturan pada ponsel
  • Setelah itu, pilih ‘Pengaturan Aplikasi’
  • Gulir hingga menemukan aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  • Selanjutnya, pilih ‘Hapus Data dan Cache’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: