Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun untuk Usia 40 Tahun ke Atas? Ini 10 Khasiat Ajaibnya

Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun untuk Usia 40 Tahun ke Atas? Ini 10 Khasiat Ajaibnya

Minyak zaitun untuk kesehatan lansia-Lemonilo-

Lemak sehat, termasuk minyak zaitun, dapat menyeimbangkan kadar hormon dan mencegah disfungsi neurotransmitter. Ini adalah kebalikan dari diet rendah lemak, yang sering menyebabkan depresi dan kecemasan.

Gangguan suasana hati dan fungsi kognitif dapat menjadi tanda bahwa otak tidak mendapatkan cukup "hormon bahagia" seperti serotonin dan dopamin.

Penelitian dari University of Las Palmas, Spanyol, menunjukkan bahwa mengonsumsi asam lemak jenuh dan tak jenuh dapat mencegah gangguan suasana hati dan mengobati depresi.

8. Menyehatkan Kulit Anda

Diet yang kaya akan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari berbagai efek berbahaya. Selain itu, minyak zaitun yang tinggi vitamin E dapat melembabkan kulit, mempercepat penyembuhan luka.

Minyak zaitun bisa melawan infeksi dan ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi kondisi kulit seperti jerawat dan eksim. Tidak heran jika banyak orang menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan.

BACA JUGA: Menurunkan Berat Badan dengan Minyak Zaitun: Manfaat dan Cara Penggunaan

9. Pencegahan dan Pengobatan Diabetes

Asam lemak mempengaruhi metabolisme glukosa dengan mengubah fungsi membran sel dan aktivitas enzim. Menurut berbagai bukti ilmiah, mengonsumsi minyak zaitun dapat mencegah risiko terkena diabetes tipe 2.

Hal ini karena karbohidrat meningkatkan kadar glukosa darah, sedangkan lemak menstabilkan kadar glukosa darah dan mengatur insulin. Bahkan ketika makan makanan manis, menambahkan minyak zaitun membantu memperlambat efek kenaikan kadar gula pada sistem peredaran darah.

10. Keseimbangan Hormon

Keseimbangan hormon dapat membantu meminimalkan masalah fisik yang berhubungan dengan menstruasi, infertilitas dan menopause.

Hal ini karena minyak zaitun mengandung lemak esensial yang mengatur tiroid, kelenjar adrenal, dan kelenjar hipofisis. Semua kelenjar ini bekerja sama untuk memproduksi dan menjaga keseimbangan hormon seks.

BACA JUGA: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut: Memperkuat, Melembabkan, dan Menutrisi

Demikian pembahasan tentang manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi di atas dapat membantu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: