Eksplor 4 Manfaat Minyak Zaitun, yang Manjur untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Usia 40 Tahunan

Eksplor 4 Manfaat Minyak Zaitun, yang Manjur untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Usia 40 Tahunan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lansia-Sonora.id-

Lemak utama dalam minyak zaitun adalah asam oleat, yang menekan sitokin (protein yang menyebabkan peradangan dalam tubuh) dan jalur stres yang mengaktifkan senyawa inflamasi.

Efek anti-inflamasi ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan karena peradangan terkait dengan banyak penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

3. Mengandung Lemak Sehat 

Minyak zaitun dapat membantu menurunkan kolesterol darah, terutama ketika menggantikan lemak jenuh. Hanya dengan menambahkan lebih banyak minyak zaitun ke dalam menu makanan kamu tidak akan serta merta menurunkan kolesterol kamu.

Tetapi jika kamu sudah mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, menggantinya dengan lemak tak jenuh yang ditemukan dalam makanan seperti minyak zaitun adalah awal yang baik.

BACA JUGA: Merawat Bibir di Usia 40 Tahun ke Atas, Berikut 4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir

Namun, penting untuk dicatat bahwa mengatur kadar kolesterol melalui makanan bukan hanya tentang beralih ke minyak zaitun.

Namun demikian, efek penurunan kolesterol dari minyak zaitun cukup mengesankan. Asam lemak tak jenuh dalam minyak zaitun menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Hal ini penting karena kadar kolesterol "jahat" yang tinggi dalam tubuh merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular.

Namun, mengganti lemak jenuh dalam produk hewani dengan minyak zaitun (dan mengonsumsi makanan sehat jantung lainnya) dapat mengurangi risiko ini.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena kandungan senyawa fenoliknya yang tinggi, minyak zaitun merupakan produk yang sangat baik untuk meningkatkan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

BACA JUGA: Rekomendasi Merk Minyak Zaitun untuk Wajah: Kulit Sehat, Lembut, dan Kenyal!

Senyawa fenolik juga mendukung produksi sel darah putih, sel kekebalan tubuh yang mengurangi peradangan dalam tubuh. Sel-sel ini juga bertanggung jawab untuk membersihkan dan menghancurkan bakteri patogen dan menjaga kita tetap sehat.

Selain itu, minyak zaitun merupakan sumber vitamin E yang sangat baik, nutrisi penting dan antioksidan yang mendukung dan memperkuat fungsi kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: