Cepat dan Aman, Eksplorasi 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Menunda Penuaan Dini di Usia 40 Tahun ke Atas

Cepat dan Aman, Eksplorasi 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Menunda Penuaan Dini di Usia 40 Tahun ke Atas

Manfaat minyak zaitun untuk usia 40 tahun-Sehat Aqua-

Asam oleat mengatur kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah zaitun dapat menurunkan tekanan darah.

Seperti diketahui, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi adalah dua faktor risiko penyakit jantung.

3. Mengurangi Risiko Pikun

Orang yang lebih tua sering menderita pikun (hilang ingatan). Selain pikun, beberapa lansia juga mengalami penyakit Alzheimer. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan plak beta-amiloid dalam sel-sel otak.

Meskipun sulit untuk menghindari efek penuaan, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa diet Mediterania dengan minyak zaitun memiliki efek positif pada fungsi otak.

4. Mencegah Stres

Stres sering kali meningkatkan tekanan darah. Jika kamu sering mengalami stres, mengonsumsi buah zaitun dapat menjadi bagian dari solusi.

BACA JUGA: 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Zaitun dikatakan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin, yang membuat kamu merasa nyaman dan mengurangi stres. 

Ada juga penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun extra virgin dapat melindungi sistem saraf dan mengobati gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

5. Membunuh Bakteri Berbahaya

Selain sifat antioksidan dan anti-inflamasi, buah zaitun juga memiliki sifat antibakteri. Jika dikonsumsi dengan benar, buah zaitun dapat menghambat dan membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Salah satu bakteri tersebut adalah Helicobacter pylori, yang hidup di dalam perut dan menyebabkan sakit maag dan kanker perut.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak minyak zaitun extra virgin dapat memerangi delapan jenis bakteri ini dan menghilangkan infeksi Helicobacter pylori. Hal ini bermanfaat bagi orang lanjut usia yang lebih rentan terhadap masalah pencernaan.

BACA JUGA: Mau Semakin Lentik? Coba 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Bulu Mata yang Bisa Cepat Melembutkannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: