Jaga Sistem Merit untuk Kembangkan Karir ASN Kabupaten Tegal

Jaga Sistem Merit untuk Kembangkan Karir ASN Kabupaten Tegal

RAKOR - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah saat membuka rapat koordinasi pembinaan sistem merit Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 di Pendapa Amangkurat.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI – Implementasi sistem merit diyakini merupakan cara yang paling objektif dan adil. Dalam mekanisme perekrutan, pengangkatan, penempatan dan promosi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sistem ini lebih membuka peluang bagi ASN bertalenta, berprestasi dan berkinerja baik untuk menjalani penugasan atau menduduki suatu jabatan.

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah mengatakan, implementasi sistem merit lebih mendasarkan pada kualifikasi dan seleksi rasional atas kemampuan, kompetensi, dan kinerja ASN ketimbang umur, kelas, jender, atau karakteristik personal lainnya yang tak relevan.

BACA JUGA:Prajurit TNI AD Kodim Pemalang Ikuti Pembinaan untuk Menjaga Netralitas

Sistem merit dipandang mampu meningkatkan profesionalisme ASN sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Sehingga pihaknya pun akan terus berupaya meningkatkan kualitas sistem merit.

Pemkab Tegal sendiri baru merintis sistem merit pada 2020. Namun baru di tahun 2021, sistem meritnya diverifikasi Komisi ASN (KASN) dengan kategori buruk.

BACA JUGA:Taruna Akpol Implementasikan Fungsi Teknis Kepolisian di Polres Pemalang

Namun, Pemkab Tegal justru tahu aspek mana saja yang perlu diperbaiki, termasuk soal penerapan sistem talent pool dan manajemen talenta secara penuh.

“Alhamdulillah, kategori kami naik dari buruk di tahun 2021 menjadi kurang di tahun 2022 dan menjadi baik di 2023,” kata Pj Bupati Tegal, saat membuka rapat koordinasi pembinaan sistem merit Provinsi Jawa Tengah tahun 2024, di Pendapa Amangkurat, baru-baru ini.

BACA JUGA:RSUD dr M Ashari Kabupaten Pemalang Peringkat I Lomba Kebersihan Taman

Menurutnya, dari upaya tersebut, Pemkab Tegal dianugerahi dua penghargaan sekaligus dari KASN untuk kategori sistem merit dengan predikat baik dan manajemen talenta pada pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dengan predikat sangat baik.

Tidak berhenti sampai di sini, pihaknya juga akan terus bekerja untuk memastikan sistem merit berjalan dan diawasi secara optimal dalam setiap kebijakan dan manajemen ASN melalui instrumen yang ada, termasuk melalui digitalisasi untuk memastikan penataan karier ASN dapat berlangsung profesional untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, serta responsif.

BACA JUGA:Warga Nahdliyin Kabupaten Pemalang Babaa Pilih Calon Pemimpin Sesuai Instruksi PBNU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: