Ini Bahaya Pinjol Tanpa KTP yang Dirahasiakan Penyedia Pinjaman Ilegal, Pahami Sebelum Mengajukan

Ini Bahaya Pinjol Tanpa KTP yang Dirahasiakan Penyedia Pinjaman Ilegal, Pahami Sebelum Mengajukan

Bahaya pinjol tanpa KTP yang jarang diketahui--

Layanan pinjol ilegal tanpa KTP biasanya menyampaikan informasi yang tidak transaparan bagi calon peminjam. Beberapa informasi tersebut seperti besaran bunga, biaya admin, dan tenor.

Hal tersebut biasanya tidak disampaikan oleh penyedia pinjol kepada calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman online. Cara tersebut tentu saja trik nakal yang dilakukan beberapa oknum penyedia pinjol kepada korban.

Dengan ini, Anda bisa mencair informasi lebih jelas seputar layanan pinjol yang ingin digunakan. Pastikan Anda cek legalitas pinjol tanpa KTP sebelum mengajukan pinjaman.

BACA JUGA: Risiko Layanan Pinjol Tanpa KTP yang Perlu Diwaspadai, Gak Cuma Diteror DC Lapangan

3. Praktik Penagihan disertai Teror dan Ancaman

Bahaya pinjol tanpa KTP yang memiliki risiko paling mengerikan yaitu ditagih dengan teror atau ancaman. Praktik penagihan kasar hanya dilakukan oleh penyedia pinjaman online ilegal.

Selain itu, Anda bisa saja didatangi oleh DC lapangan pinjol ilegal tanpa KTP ke rumah untuk menagih hutang. Cara penagihan yang tidak wajar tersebut perlu anda perhatikan apabila ingin menggunakan pinjaman tanpa identitas KTP.

4. Dibebani Bunga dan Denda Tinggi

Bahaya menggunakan pinjol tanpa KTP berikutnya yaitu bunga dan denda tinggi yang disembunyikan oleh pihak penyedia pinjaman. Hal ini, dapat menjadi sebuah permasalahan finansial nasabah karena terbebani hutang yang tinggi.

Dengan adanya beberapa tagihan menumpuk dapat mengakibatkan penumpukan hutang berlebihan sehingga sulit untuk dibayar. Karena itu, pinjol ilegal tanpa menggunakan KTP tidak kami sarankan untuk digunakan karena bisa menimbulkan berbagai kerugian.

BACA JUGA: 15 Pinjol Ilegal yang Ada DC Lapangan Terbaru 2024, Cek Sebelum Mengajukan Pinjaman

5. Penipuan Berkedok Pinjol Legal

Bahaya pinjol tanpa KTP yang terakhir yaitu penipuan berkedok pinjaman online legal. Layanan pinjaman ilegal akan berpura-pura menawarkan pinjaman dengan iming-iming pinjol legal.

Sebagian kasus, pelaku akan menyamar sebagai layanan pinjaman yang menawarkan berbagai keuntungan menggirukan. Selain itu, logo atau tampilan website akan dibuat semirip pinjaman online legal dan diberi lambang OJK.

Jika ada penawaran dari pinjol ilegal seperti ini, sebaiknya Anda laporkan ke pihak berwenang seperti OJK, AFPI da lainnya. Anda juga bisa mengecek legalitas pinjol tersebut di website resmi OJK, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: