Inilah 5 Tips Jitu Menghindari Pinjol Ilegal agar Tidak Terjebak Hutang yang Menumpuk

Inilah 5 Tips Jitu Menghindari Pinjol Ilegal agar Tidak Terjebak Hutang yang Menumpuk

tips menghindari pinjol ilegal --foto universitas stekom

DISWAY JATENG - Tips menghindari pinjol ilegal sangat efektif dilakukan agar kalian tidak menjadi korban yang merugikan. Salah satu kerugian yang akan diterima yaitu penyebaran data pribadi dan suku bunga yang menumpuk jika terjerat utang pinjol. 

Akses pinjaman modal kini semakin mudah dengan hadirnya fintech. Masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan non-bank. Namun jika kalian ingin mengambil pinjaman online, kalian harus berhati-hati agar tidak terjerat pinjol ilegal. Kini ada beberapa tips menghindari pinjol ilegal yang paling efektif digunakan. 

Pasalnya terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar tidak terjebak dalam penggunaan platform yang tidak resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dibawah ini akan kami beritahu tips menghindari pinjol ilegal yang bisa kalian coba. 

Karena tidak semua pinjaman aman dan legal. Faktanya, banyak ditemukan rentenir yang tujuannya mencari keuntungan dan tidak terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berikut tips menghindari pinjol ilegal yang menjadi solusi tepat buat kalian lakukan. 

BACA JUGA:Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

 

1. Cek Bunga Pinjaman 

Sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman online, periksa dulu besaran bunganya. Apakah masih dalam batas kewajaran dari segi persentase dan jangka waktu angsuran yang ditentukan? Pertimbangkan juga kemampuan kalian dalam membayar cicilan bulanan.

2. Menjaga Data Pribadi 

Tips menghindari pinjol ilegal berikutnya yaitu dengan menjaga data pribadi kalian. Jadi pastikan dokumen penting seperti e-KTP, KK dan tanda pengenal pribadi lainnya tidak tersebar di internet. Lalu jangan klik link yang dikirim melalui aplikasi perpesanan. Selain itu, jangan mudah mengklik tombol izinkan di browser web kalian saat membuka situs apa pun. Sebab jika ditekan, oknum yang tidak bertanggung jawab bisa mengakses seluruh data yang ada di smartphone kalian. 

BACA JUGA:Begini Tips Menghindari Pinjol Ilegal Supaya Tidak Terjerat Hutang dengan Bunga Tinggi

3. Pilih Aplikasi Resmi 

Penyedia dana pinjaman legal memiliki aplikasi resmi yang bisa ditemukan di Play Store dan App Store. Jika kalian diminta mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi atau situs yang tidak jelas, maka jangan diikuti. Karena nantinya data pribadi kalian akan diambil dan disalahgunakan.

4. Cek Izin Perusahaan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: