Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

cara menghindari pinjol ilegal yang berkedok dc lapangan --foto asuransi jasaindo syariah

DISWAY JATENG - Pinjaman online merupakan platform yang sering digunakan oleh masyarakat ketika sedang membutuhkan dana mendesak. Namun, cara menghindari pinjol ilegal ini wajib diketahui sebelum melakukan pinjaman. 

Pasalnya terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar tidak terjebak dalam penggunaan platform yang tidak resmi OJK. Cara menghindari pinjol ilegal kini menjadi solusi yang tepat buat kalian coba untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. 

Menangani pinjaman online atau pinjol ilegal yang melibatkan debt collector (DC) lapangan bisa menjadi situasi yang menantang dan membutuhkan pendekatan hati-hati. Maka dari itu, cara menghindari pinjol ilegal ini penting dilakukan agar tidak mengalami kerugian kedepannya. 

Lantas, bagaimana cara menghindari pinjol ilegal? Dibawah ini ada beberapa langkah efektif yang bisa kalian coba dan terapkan untuk terhindar dari tindakan intimidasi dan ancaman yang akan merugikan kalian. 

BACA JUGA:Tidak Perlu Takut, Berikut 6 Cara Melaporkan DC Pinjol Ilegal yang Meresahkan dan Suka Neror

 

1. Komunikasi dengan Lembaga Keuangan

Jika kalian yakin bahwa utang tersebut tidak sah atau terlalu memberatkan, pertimbangkan untuk berbicara langsung dengan lembaga keuangan yang terkait. 

Dalam banyak kasus, lembaga keuangan bersedia bekerja sama dengan nasabah untuk menemukan solusi yang bisa diterima bagi kedua belah pihak.

2. Mengenali Hak Kalian

Ketahui hak-hak kalian sebagai konsumen, termasuk hak untuk tidak mendapatkan perlakuan yang tidak pantas atau ancaman dari debt collector. 

Mengenali hak-hak kalian sebagai konsumen merupakan langkah penting dalam menangani pinjol ilegal yang melibatkan DC lapangan. 

3. Jangan Panik

Cara menghindari pinjol ilegal berikutnya yaitu jangan panik. Meskipun situasi ini bisa menimbulkan stres dan kecemasan, penting untuk tetap tenang dan tidak panik. Bertindak dengan kepala dingin akan membantu kalian membuat keputusan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: