5 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kelembaban Kulit, Cocok Untuk Usia 40 Tahun Keatas!

5 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kelembaban Kulit, Cocok Untuk Usia 40 Tahun Keatas!

Mandi air hangat--

DISWAY JATENG – Menjaga kelembaban kulit dan mempertahankannya memanglah sesuatu yang tidak mudah. Butuh berbagai macam cara dan upaya agar dapat menjaga hal tersebut.

Selain menggunakan bahan-bahan alami dalam menjaga kelembaban kulit, kamu juga bisa mengatur pola hidup sehat. Sehingga kulit dan wajah kamu akan senantiasa sehat dan terjaga kelembabannya.

Penyebab kulit kering dapat terjadi karena beberapa hal antara lain genetic, iklim yang kering, Tingkat kelembaban udara yang rendah, dan pola hidup yang tak sehat. Sehingga menjaga kelembaban kulit menjadi hal penting jika kamu ingin mempunyai kulit yang sehat dan glowing.

 

Berikut hal yang harus dilakukan dan dihindari untuk menjaga kelembaban kulit yang bisa kamu lakukan secara rutin. Simak sampai akhir ya.

BACA JUGA:Atasi Kulit Kering Wajah Kamu dengan 5 Cara Ini, Dijamin Ampuh Tanpa Banyak Modal

1. Hindari Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air panas dipercaya dapat membuat kulit menjadi kering. Hal ini terjadi karena air yang terlalu panas bisa menghilangkan minyak alami pada kulit.

Minyak alami tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Kamu bisa menggunakan air yang hangat sesekali jika dibutuhkan, seperti saat sakit atau cuaca dingin.

2. Jangan Mandi Terlalu Lama

Selain menghindari mandi dengan air panas, kamu pun juga disarankan untuk jangan mandi terlalu lama. Hal ini karena kulit yang terkena air dan sabun terus menerus bisa menjadi kering.

Kamu dianjurkan untuk tidak mandi dengan durasi lebih dari 10 menit, selain menjadikan kulit kering juga dapat menjadikan kulit menjadi keriput.

3. Keringkan Tubuh Dengan Tepat

Setelah mandi kamu dianjurkan untuk segera mengeringkan sisa air di badan. Jangan membiarkan air sehabis mandi yang masih menempel dikulit kering dengan sendirinya.

Selain itu, kamu juga harus mengeringkan badan menggunakan handuk yang bertekstur lembut. Handuk yang terlalu kasar dapat merusak lapisan kulit terluar sehingga bisa membuat kulit kering dan memicu iritasi.

BACA JUGA:Menggunakan Vitamin Dapat Mengatasi Kulit Kering. Berikut 5 Vitamin yang Ampuh Mengatasi Kulit Kering

4. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan dan Omega 3

Salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dan omega 3. Makanan kaya antioksidan dan omega 3 yang dapat kamu pilih antara lain salmon, tiram, sarden, cokelat hitam, blueberi, stroberi dan lainnya.

Makanan tersebut dapat membantu kulit kamu terlihat lebih sehat, dan terhindar dari kulit kering. Selain itu, makanan kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan kulit akibat racun dan dapat membantu tubuh membuat sel-sel baru.

5. Menggunakan Body Lotion

Lotion mengandung berbagai bahan yang dibutuhkan untuk melembabkan kulit. Kamu bisa mengoleskan lotion pada selepas mandi agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Selain itu, kamu juga dapat memilih lotion dengan kandungan yang dapat melembabkan kulit. Seperti minyak jojoba, dimetikon, gliserin, asam laktat, minyak mineral, asam hialuronat, dan shea butter.

Bahan-bahan tersebut akan bekerja dengan mengunci kelembapan yang ada di dalam kulit untuk mencegahnya mongering.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Agar dapat menjaga kelembaban kulit, tentu saja harus menjaga tubuh agar selalu terhirasi dengan baik. Caranya yaitu dengan minum air putih yang cukup dan sesuai anjuran.

Minum cukup air putih dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga kulit menjadi lembab. Kamu bisa meminum air putih sesuai dengan anjuran yaitu 2 liter atau setara dengan 8 gelas per hari.

BACA JUGA:Tips Merawat Kulit Kering dan Kusam Agar Tampil Sehat

Nah itulah 6 hal yang harus dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit yang dapat kamu lakukan secara mandiri di rumah. Selalu terapkan pola hidup sehat serta hindari penyebab kulit kering agar kulit sehat dan lembab. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: