Pengamat Menilai Langkah Ganjar Hapus Utang Petani dan Nelayan untuk Wujudkan Kedaulatan

Pengamat Menilai Langkah Ganjar Hapus Utang Petani dan Nelayan untuk Wujudkan Kedaulatan

DIALOG - Capres Ganjar Pranowo dialog dengan masyarakat.Foto: Istimewa --

DISWAYJATENG, JAKARTA - Penghapusan utang atau kredit macet petani dan nelayan kecil di Indonesia penting untuk dilakukan, guna mengangkat derajat kesejahteraan mereka. petani dan nelayan adalah tulang punggung kedaulatan pangan, tapi kesejahteraan mereka belum serius diperhatikan.

Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo berjanji akan menghapuskan utang atau kredit macet nelayan kecil dan petani gurem. Menurut Ganjar, langkah afirmatif ini diperlukan untuk mendongkrak kesejahteraan petani dan nelayan yang rentan.

“Utang (kredit macet) nelayan sekitar Rp190-an miliar kalo tidak salah, [bisa] lebih kecil lagi. Karena jumlah petani (nelayan) 2,2 juta orang,” kata Ganjar.

BACA JUGA:Peringati Isra Mikraj, Wakil Wali Kota Tegal Beri Hadiah Anak- anak Penghafal Ayat Kursi

Menurut dia, jumlah tersebut masih lebih kecil dibanding Kredit Usaha Rakyat (KUR) petani yang mencapai Rp600-an miliar. Namun, menurutnya, angkat tersebut tidak terlalu besar dibanding manfaat yang akan dirasakan dari program ini.

Ganjar membeberkan saat mendengar keluhan para petani dan nelayan kecil, dirinya merasa ikut sedih. Dituturkan, sehri-hari nelayan sudah banting tulang, namun selalu saja ada kendala yang membuat pendapatan nelayan tak seberapa. 

BACA JUGA:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Pastikan Rehab SDN Dukuhlo 01 Tahun Ini

“Pendapatan yang cuma pas untuk hidup. Bahkan sering minus. Inilah yang kemudian memaksa petani dan nelayan ngutang. Lho? Ya, karena Untuk meringankan beban petani dan nelayan, sehingga hutang macet mereka akan dihapuskan,” katanya.

Selain untuk biaya hidup, nelayan biasa menggunakan utang tersebut untuk kebutuhan pembelian solar untuk bisa kembali melaut. Meskipun sebenarnya ada solar bersubsidi, namun biasanya yang sering terjadi selama ini, saat dibutuhkan nelayan, tiba-tiba barangnya langka. Terpaksa mereka membeli solar non-subsidi yang harganya dipastikan jauh lebih tinggi.

BACA JUGA:Dirikan Posko Netralitas TNI-Polri di Trasa Kabupaten Tegal

Dirinya berharap dengan tuntasnya permasalahan nelayan, bisa membuat produktivitas pekerjaan semakin tinggi dan membuat nelayan semakin sejahtera. Kendati demikian, kata Ganjar, pemutihan utang dilakukan terhadap kelompok petani dan nelayan yang mengalami kesulitan karena kondisi eksternal, dan bukan disengaja.

"Agar petani dan nelayan kita bisa bangkit lagi, berproduksi lebih baik lagi sehingga kebutuhan pangan kita tercukupi," pungkasnya.

BACA JUGA:Disdukcapil Kabupaten Tegal Tetap Layani Adminduk saat Coblosan Pemilu

Sementara menurut Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah menilai janji Ganjar Pranowo untuk memutihkan utang utang atau kredit macet seluruh nelayan di Indonesia sangat progresif, sesuai dengan visi negara maritim. Hal itu penting dilakukan untuk mewujudkan kedaulatan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: