7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

cara agar pinjol tidak bisa akses kontak darurat--foto disway

5. Ganti Kartu SIM

Apabila pinjol (pinjaman online) telah berhasil mengakses kontak HP kalian, mereka akan menghubungi nomor HP kalian untuk menagih dan mengancam. Jika tidak mau terus menerus diganggu oleh pinjol atau pinjaman online, mengganti kartu SIM dengan nomor baru yang tidak diketahui oleh pinjol bisa menjadi pilihan alternatif.

BACA JUGA:Jangan Sampai Tergiur! Kenali Pinjol Ilegal Tanpa KTP Langsung Cair, Berikut untuk Menghindarinya

6. Jangan Masukan Nomor Kontak Darurat saat Melakukan Verifikasi

Biasanya saat mendaftar atau saat mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol akan ada permintaan untuk memasukan nomor kontak darurat.

Jangan masukan nomor seperti keluarga, teman atau rekan kerja karena akan dihubungi oleh pinjol (pinjaman online) jika kalian terlambat membayar atau bermasalah dengan pinjaman kalian.

7. Jangan Berikan Izin Akses Kontak pada Aplikasi Pinjol

Yang terpenting adalah dengan tidak memberikan izin akses kontak pada aplikasi pinjol atau pinjaman online yang telah kalian instal. Biasanya, saat baru pertama kali membuka aplikasi pinjol akan ada permintaan untuk mengizinkan aplikasi tersebut mengakses kontak, lokasi, SMS, telepon, media sosial, dan lain- lain. Jika kalian memberikan izin, maka aplikasi pinjol bisa membaca semua data pribadi kalian. 

Demikian beberapa informasi mengenai 7 tips ampuh untuk melindungi kontak HP dari pinjol ilegal yang harus kalian perhatikan dan pahami. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: