7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

cara agar pinjol tidak bisa akses kontak darurat--foto disway

DISWAY JATENG - Mengakses kontak HP nasabah tanpa sepengetahuan, dimanfaatkan untuk dapat menagih hutang atau menyebar informasi pribadi nasabah tersebut. Hal ini tentunya merugikan nasabah.

Praktik tersebut biasanya dilakukan oleh pinjol ilegal yang beroperasi tanpa izin OJK. Cara agar pinjaman online (pinjol) tidak bisa akses kontak HP yang perlu diketahui para penggunanya.

Di mana sampai saat ini, permasalahan pinjaman online (pinjol) belum juga selesai. Banyak alami teror, ancaman atau perasaan dari pinjol atau pinjaman online yang menghubungi kontak HP debitur. Hal tersebut tentunya mengganggu dan membuat tidak nyaman dalam berkegiatan.

Ini dia 7 tips ampuh dan mudah untuk melindungi kontak HP dari pinjol ilegal

1. Pastikan Pinjol (Pinjaman Online) Resmi

Pinjol atau pinjaman online resmi yang sudah terdaftar di OJK mempunyai standar operasional yang sesuai dengan peraturan dan etika. Mereka tidak akan sembarangan untuk mengakses kontak HP dan melakukan praktik yang merugikan nasabah. Perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah pinjol (pinjaman online) yang ingin digunakan resmi terdaftar di OJK atau tidaknya.

BACA JUGA:Waspada! Inilah Daftar Lengkap 337 Pinjol Ilegal Terbaru 2024 dari OJK, Bahaya Jangan Sampai Terjerat

2. Pastikan Kontak HP Tidak Berisi Orang Terdekat

Jika pinjol atau pinjaman online berhasil untuk mengakses kontak HP kalian, mereka akan mencari nomor- nomor yang sering dihubungi atau yang mempunyai hubungan dekat. Pinjol akan menghubungi nomor- nomor untuk menagih pembayaran dan menyebarkan data pribadi. Lakukan hapus kontak atau menyembunyikan kontak HP yang berisi orang terdekat.

3. Melunasi Hutang Pinjol (Pinjaman Online)

Biasanya pinjol atau pinjaman online akan menghubungi kontak HP jika terlambat membayar atau bermasalah dengan pinjaman. Apabila nasabah membayar tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian, pinjol atau pinjaman online tidak akan menghubungi kontak HP.

Jangan sampai menunggak atau melarikan diri dari hutang karena hal tersebut akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

4. Download Aplikasi Secara Resmi

Aplikasi pinjol (pinjaman online) palsu atau modifikasi biasanya menawarkan bunga rendah, plafon tinggi, dan syarat mudah untuk dapat menarik nasabah. Hal ini biasanya dimanfaatkan untuk bisa mencuri data pribadi nasabah termasuk kontak HP. Unduh Aplikasi pinjol secara resmi seperti di Google Play, App Store, atau situs web resmi pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: