7 Olahraga Aerobik yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan, Sehat dan Aman

7 Olahraga Aerobik yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan, Sehat dan Aman

ZUMBA. Salah satu olahraga aerobik yang dapat menurunkan berat badan--sumber gambar: Stylecraze

Menurut penelitian di MDPI Journals, berjalan kaki dapat menurunkan lemak total dan lemak perut pada perempuan pasca menopause. Berjalan merupakan pilihan olahraga sederhana untuk menjaga kesehatan tulang, dan membuat berat badan stabil.

4. Senam

Senam dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sehingga kerja jantung memompa darah menjadi lebih optimal. Terlebih jika ada musik yang pastinya akan membuat lebih semangat bergerak.

Studi dalam jurnal Obesity pada orang penderita obesitas menunjukkan. Bahwa senam aerobik merupakan jenis olahraga yang efektif membantu menurunkan berat badan.

Melakukan senam 5 hari setiap minggu selama 10 bulan dapat menurunkan sekitar 4,3-5,6% kalori rata-rata yang hilang sebesar 400-600 kalori. 

5. Jogging

Lari pelan atau jogging dapat membakar kalori sebanyak 300 kkal sampai 700 kkal dalam waktu 30 menit. Namun, ini bergantung dengan kecepatan dan intensitasnya.

Sama seperti jalan kaki, Anda harus melakukan jogging rutin setiap hari untuk menurunkan berat badan.

6. Kickboxing

Selain ampuh membakar kalori, olahraga ini juga dapat menjadi sarana menyalurkan emosi dan agresif.

Latihan kickboxing selama 50 menit dapat membakar kalori sekitar 430 kkal sampai 600 kkal. Tergantung struktur kelasnya, pembakaran kalori tidak akan berhenti saat padding saja.

Dalam latihan kickboxing, kelas menerapkan sistem pemanasan interval intensitas tinggi. Maka pembakaran akan terus berlangsung meskipun sudah istirahat.

7. Zumba

Zumba adalah olahraga aeorobik menurunkan berat badan yang menyenangkan. Karena gerakan yang dinamis dan melakukannya sambil mendengarkan musik.

1 jam zumba akan membakar sekitar 300 kkal sampai 900 kkal, tergantung seberapa effort dan bersemangat Anda bergerak. Zumba 2-3 kali dalam seminggu dengan kombinasi latihan kekuatan dan pola makan tepat, efektif menurunkan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: