7 Olahraga Aerobik yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan, Sehat dan Aman

7 Olahraga Aerobik yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan, Sehat dan Aman

ZUMBA. Salah satu olahraga aerobik yang dapat menurunkan berat badan--sumber gambar: Stylecraze

DISWAY JATENG - Olahraga aerobik adalah aktivitas fisik yang berintensitas tinggi hingga sedang dengan durasi lama. Tujuan olahraga ini adalah dapat meningkatkan kapasitas aerobik tubuh, yang efektif untuk menurunkan berat badan..

Kapasitas aerobik tubuh adalah kemampuan sistem pernapasan dan peredaran darah. Bermanfaat menyediakan oksigen yang cukup bagi otot yang sedang aktif selama aktivitas fisik.

Aerobik terbagi menjadi beberapa jenis yang memiliki fungsi masing-masing. Misalnya, membakar kalori tubuh dalam jumlah yang berbeda, seperti dapat menurunkan berat badan.

Ada berbagai macam olahraga aerobik yang dapat Anda coba untuk menurunkan berat badan. Antara lain:

1. Berenang

Olahraga ini perlu Anda lakukan di air dan tidak terasa membuat tubuh berkeringat. Namun, kalori yang tubuh bakar saat berenang cukup besar.

Contohnya, berenang dengan gaya kupu-kupu selama 30 menit dapat menyumbang kalori sebanyak 409 kkal. Dalam waktu yang sama, berenang gaya dada menyumbang kalori sebesar 298 kkal dan 372 kkal.

Selain membakar kalori, berenang juga direkomendasikan bagi yang memiliki masalah sendi dan mengalami cedera.

2. Bersepeda

Pilihan lain untuk menurunkan berat badan adalah bersepeda. Selain diluar rumah, Anda juga dapat menggunakan sepeda statis untuk bersepeda di dalam rumah.

Bersepeda di luar ruangan selama 30 menit dapat menyumbang kalori 280 kkal sampai 360 kkal. Selain itu, menggunakan sepeda statis dalam durasi yang sama dapat membakar kalori sekitar 250 kkal- 280 kkal.

3. Jalan Kaki

Jika dilakukan secara rutin, olahraga aerobik jalan kaki ini dapat menurunkan berat badan. Bahkan, Anda dapat melakukan olahraga ini dimana saja dan kapan saja.

Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membakar kalori sebanyak 167 kkal. Anda bisa menambahkan durasi jalan kaki menjadi lebih lama jika sudah terbiasa melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: