Rekomendasi Menu Makanan untuk Diet Sehat saat Puasa, Jangan Lupa Hindari Makanan Manis

Rekomendasi Menu Makanan untuk Diet Sehat saat Puasa, Jangan Lupa Hindari Makanan Manis

Tips diet sehat saat berpuasa-Baca Koran Linggau Pos-

DISWAYJATENG - Saat Ramadan tiba, pola makan dan pola aktivitas banyak mengalami perubahan. Dengan begitu, maka bisa mempengaruhi Kesehatan tubuh dan peningkatan berat badan.

Sehingga, banyak orang yang memilih untuk melakukan diet saat puasa. Namun, kamu perlu tahu bagaimana cara untuk diet sehat saat puasa.

Diet sehat saat puasa bisa kamu lakukan dengan berbagai cara mulai dari menyiapkan menu, melakukan aktivitas, berolahrag dan lain sebagainya. Menu makanan juga penting untuk diperhatikan jika kamu ingin melakukan diet sehat saat puasa.

Inilah menu diet sehat saat puasa yang bisa membantu kamu turun hingga 10 kg dalam seminggu. Menjalani puasa Ramadhan tidak harus menghambat usaha kamu untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu Buka Puasa selama 30 hari! Mudah dan Enak!

Dengan beberapa tips sederhana dan menu makanan yang seimbang, kamu bisa menjaga berat badan dan tetap sehat selama bulan puasa. Yuk, simak beberapa tips diet saat puasa yang bisa kamu terapkan:

1. Hindari Makanan atau Minuman Manis

Salah satu cara diet saat puasa yang efektif adalah menghindari makanan dan minuman manis. Meskipun makanan dan minuman manis dapat memberikan energi setelah seharian berpuasa, konsumsi berlebihan dapat mengganggu proses diet kamu.

Makanan dan minuman manis tidak akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga kamu cenderung untuk terus makan lebih banyak. Menghindari makanan manis merupakan sebuah Langkah untuk melakukan diet sehat saat puasa.

2. Perbanyak Makanan Berserat dan Protein

Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat dan protein. Serat akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan. Protein juga penting untuk mempertahankan massa otot selama diet.

BACA JUGA: Serunya Aktivitas Olahraga Menunggu Buka Puasa Bersama Keluarga

Beberapa contoh makanan yang kaya serat dan protein adalah sayuran hijau, daging tanpa lemak, tahu, dan tempe. Mengonsumsi makanan berserat dan protein diyakini menjadi sebuah cara untuk melakukan diet sehat saat puasa.

3. Hindari Makanan Gorengan

Mengonsumsi makanan gorengan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit dan membuat berat badan naik. Ganti menu gorengan dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti ikan, kacang-kacangan, dan alpukat.

Lemak tak jenuh merupakan lemak yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Pastikan kamu memenuhi asupan air putih selama berpuasa. Minum setidaknya 8 gelas air putih per hari dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan metabolisme.

BACA JUGA: 6 Menu Takjil Khas Arab yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Kamu juga bisa membagi waktu untuk minum air putih, misalnya dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur. Air putih tentunya dapat bermanfaat bagi tubuh, selain itu neminum air putih yang cukup juga menjadi kunci diet sehat saat puasa.

5. Makan Secara Perlahan

Mulailah berbuka puasa dengan makanan ringan seperti tiga buah kurma dan segelas air putih atau setengah gelas jus jeruk tanpa gula. Setelah itu, lanjutkan dengan makanan utama secara perlahan.

Makan secara perlahan dapat membantu mengurangi risiko makan berlebihan dan memberikan waktu untuk tubuh mencerna makanan dengan baik.

Ingat, memakan makanan sehat dan menjaga kondisi tubuh menjadi kunci keberhasilan diet sehat saat puasa. Hindari makanan yang mengundang kenaikan berat badan, serta atur porsi makan kamu agar tetap ideal. Jangan lupa mengonsumsi vitamin untuk kestabilan stamina tubuh.

BACA JUGA:Gak Usah Bingung, Ini Menu Diet 1 Minggu yang Bisa Kamu Coba dengan Aman dan Menyenangkan

Itulah beberapa tips atau menu diet yang bisa kamu lakukan saat menjalani ibadah puasa. Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu bisa menjaga berat badan dan tetap sehat selama bulan puasa Ramadhan.

Semoga bermanfaat dan selamat menjalani puasa dengan penuh kebahagiaan!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: