Punya Wajah Berminyak? Atasi dengan Cara Ini, Salah Satunya Gunakan Pembersih dengan Kandungan Asam Salisat

Punya Wajah Berminyak? Atasi dengan Cara Ini, Salah Satunya Gunakan Pembersih dengan Kandungan Asam Salisat

WAJAH BERMINYAK- Bagaimana Cara Mengatasinya?--

DISWAY JATENG - Punya Wajah Berminyak? Atasi Dengan Cara Ini! Banyak jenis kulit yang dimiliki banyak orang, khususnya kulit wajah. Mulai dari wajah kering, sensitive maupun berminyak yang tentu beda dalam perawatannya.

Yang manjadi masalah adalah wajah berminyak, karena orang yang memiliki jenis kulit ini akan memiliki banyak kendala. Terutama, saat penggunaan make up dalam waktu lama yang akan membuat wajah terlihat oily jika tidak menggunakan face paper.

Walau begitu, jenis kulit ini memiliki banyak keunggulan. Keunggulan yang membuat senang adalah wajah tidak mudah keriput karena minyak yang ada dapat mengurangi guratan halus pada wajah.

Dengan kelebihan yang membuat awet muda, jenis kulit ini juga memiliki kekurangan yang memerlukan perawatan ekstra. Diantaranya, wajah lebih cepat terkena jerawat, komedo, hingga pori-pori besar yang akan dialami.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Aman dan Efektif, Dalam Waktu Seminggu

Langkah-langkah perawatan wajah berminyak

1. Sering Cuci Muka

Ini merupakan salah satu perawatan yang dapat dilakukan untuk wajah berminyak, maupun jenis kulit lain. Sering disini berarti bersihkan muka sekiranya saat mandi atau 6 jam sekali.

Hal ini dilakukan agar minyak yang ada di wajah dapat hilang dan mencegah terjadinya jerawat maupun masalah wajah lainnya. Karena jika tidak membasuhnya akan terlihat kusam jika tidak dibersihkan.

Pada kulit jenis ini jerawat, komedo hingga pori-pori besar akan mudah muncul di wajah jika tidak dibersihkan. Karena wajah yang kotor akan minyak berarti banyak debu maupun polusi yang menempel pada wajah.

Walaupun dapat mebersihkan wajah dan menghindarkan wajah dari masalah yang membandel. Perlu diperhatikan, untuk tidak terlalu sering mencuci muka agar muka tidak menjadi kering karena kurang kelembapan.

BACA JUGA: 4 Rahasia Wajah Glowing Supaya Awet Muda dengan Serum Wardah Sekali Usap

2. Cuci Muka dengan Air Hangat

Cuci muka merupakan hal wajib, terutama bagi wajah berminyak. Karena akan banyak debu dan polusi yang mudah menempel pada wajah berminyak.

Air yang sangat dingin dan sangat panas akan mudah meluruhkan minyak pada wajah. Namun, jika dilakukan akan membuat keseimbangan dari kelembapan kulit akan terganggu karena terpapar air dengan suhu tinggi.

Untuk menyiasatinya, dapat menggunakan air hangat atau suam-suam kuku saat mencuci wajah. Hal ini bertujuan agar kulit wajah tidak rusak karena paparan dengan suhu tinggi.

Ini juga bertujuan agar kulit wajah menjadi tidak terpicu untuk menghasilkan minyak berlebih. Perlu diingat, bahwa gunakan air dengan suhu ruang – tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Alami

3. Gunakan Pembersih dengan Kandungan Asam Salisat

Cara berikutnya untuk perawatan wajah berminyak adalah dengan pembersih yang memiliki kandungan asam salisat. Kandungan ini merupakan zat kimia yang cocok digunakan pada kulit berjerawat.

Asam salisat dapat membersihkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit, membatasi pertumbuhan bakteri, dan membatasi produksi sebum. Sebum merupakan zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit.

4. Gunakan Tisu Pembersih

Cara ini ampuh sebagai perawatan wajah berminyak, karena dengan menggunakan ini wajah akan menjadi segar kembali. Seperti face paper yang sebelumnya dijelaskan dapat menyerap minyak pada wajah.

Tisu pembersih ini dapat digunakan saat wajah mulai berminyak lebih, lengket maupun kotor karena debu dan polusi. Bahannya yang lembut akan membuat kulit menjadi segar dan kering dalam sekejap.

BACA JUGA: Bagaikan Sulap! Begini Cara Membuat Wajah Glowing Permanen dengan Bahan-bahan yang Mudah Ditemukan

5. Bersihkan Make up Sebelum Tidur

Cara terakhir ini merupakan cara perawatan wajah berminyak yang paling efektif, bukan hanya pada kulit berminyak saja. Semua jenis kulit, wajib membersihkan wajah dari make-up setelah terpapar pada wajah selama seharian.

Jika make-up tidak dibersihkan setelah seharian, akan banyak masalah yang terjadi kedepannya. Karena make-up yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawat dan wajah berminyak semakin parah.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam perawatan wajah yang berminyak. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan wajah, agar jerawat dan kawan-kawannya tidak muncul di wajah.

Perhatikan juga dalam pemilihan skincare,pilihlah yang tidak mengandung banyak minyak. Beli produk skincare dengan bentuk gel atau yang cocok digunakan untuk wajah berminyak.

BACA JUGA: Hilangkan Jerawat Membandel Dengan 5 Cara Medis Ini, Salah Satunya Adalah Laser

Jika wajah sudah mulai berminyak, gunakan face paper untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Jangan menimpa dengan make up karena membuat hasil akhir akan tidak rata karena adanya minyak serta menimbulkan jerawat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: