Ditabrak Kendaraan, Tiang Lampu PJU di Jalur Pantura Kabupaten Tegal Nyaris Roboh

Ditabrak Kendaraan, Tiang Lampu PJU di Jalur Pantura Kabupaten Tegal Nyaris Roboh

DICOPOT - Tiang lampu PJU yang nyaris roboh di Pantura dieksekusi Dinas Perhubungan.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Kondisi tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur Pantura nyaris roboh. Kuat  dugaan tiang tersebut ditabrak kendaraan berat yang mengakibatkannya  melengkung dan nyaris roboh di jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko Setyawan melalui  Kabid Prasarana dan  Perlangkapan Jalan M Noech didampingi Kasi PJU Muhajir menyatakan, upaya eksekusi tiang dilakukan dengan dibantu Dinas Perhubungan Kota Tegal. 

"Untuk keselamatan pengguna jalan, tiang tersebut kita copot dan sementara waktu belum bisa diganti yang baru karena tidak ada dukungan anggaran," ujarnya.

BACA JUGA:Pasar Randugunting Kota Tegal Ditargetkan Kembali Ditempati Pekan Ini

Tahun ini tidak ada dukungan anggaran  pemeliharaan lampu PJU. Pihaknya sempat  mengusulkan anggaran untuk pemeliharaan sebesar Rp2,5 miliar. Ajuan tersebut hanya disetujui oleh DPRD sebesar Rp850 juta saja. Dengan anggaran tersebut, praktis hanya cukup untuk membayar honor THL dan perjalanan dinas dalam daerah. 

“Praktis anggaran untuk mendukung pemeliharaan lampu PJU sepanjang tahun ini tidak ada," cetusnya.

BACA JUGA:Kepala SMP Negeri 1 Bumijawa Kabupaten Tegal akan Mengajar di Luar Negeri

Idealnya, anggaran pemeliharaan lampu PJU untuk pengadaan suku cadang bila terjadi kerusakan, seperti trafo, MCB, timer dan lainnya. Kondisi tersebut masih diperparah dengan banyaknya aduan yang masuk dari warga. 

Praktis selama 4 tahun Dishub belum pernah mendapatkan anggaran untuk pemeliharaan lampu PJU, ajuan tahun ini pun tidak terealisasi.

BACA JUGA:Ganjar ke Pendukung dan Simpatisan; Lawan Kita Berat, Ingin Menang Harus Bersatu dengan Rakyat

"Sementara untuk anggaran penambahan titik, tahun 2024 sesuai rencana akan direalisasi sebanyak 63 paket pengerjaan yang bersumber dari dana pokok pikiran DPRD," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: