Jangan Gelisah! Inilah 12 Cara Efektif Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk, Cepat dan Aman

Jangan Gelisah! Inilah 12 Cara Efektif Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk, Cepat dan Aman

cara mengatasi hutang pinjol--foto radar cbs

5. Rutin membayar

Hindari untuk menunda-nunda pembayaran. Bertujuan untuk menghindari penumpukan bunga atau denda. Sebaiknya, rutin bayar ciclian sesuai dengan kesepakatan di awal.

6. Hidup lebih hemat

Cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk agar tidak gagal bayar adalah dengan hidup berhemat. Untuk mempermudah, kalian bisa membuat daftar skala prioritas. Kurangi pengeluaran yang sekiranya tidak diperlukan, seperti pengeluaran untuk laundry, jajan makanan di luar, kuota internet, dan sebagainya.

7. Membuat analisis pemasukan dan pengeluaran

Buatlah analisis pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, kalian bisa menemukan strategi yang tepat untuk melunasi utang. Kalian bisa membuat rincian keuangan di buku maupun menggunakan aplikasi keuangan di HP.

8. Mencari pemasukan tambahan

Cara lainnya agar kalian terbebas dari pinjol adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Kalian bisa melakukan pekerjaan sampingan di waktu lain pekerjaan utama, seperti di malam hari atau di akhir pekan.

Ada banyak cara sederhana untuk mendapatkan pemasukan tambahan, mulai dari berjualan online, menjadi freelancer, menjadi affiliate marketing, dan sebagainya.

9. Pilih Gaya Hidup Hemat

Untuk membebaskan diri dari utang pinjol, pendekatan terbaik adalah dengan hidup hemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. 

BACA JUGA:Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Cepat, Data Aman dan Bebas dari Kejaran Debt Collector

Meskipun tidak semua pengeluaran dapat dikurangi, kalian dapat mengambil keputusan bijak dalam hal ini. Seperti tidak perlu makan di luar, memasak sendiri, tidak membeli baju, dan hal-hal yang tidak penting lainnya. 

10. Perpanjang Tenor Pinjaman

Beberapa pinjol mungkin menawarkan opsi perpanjangan tenor pinjaman. Hal ini bisa membantu kalian mengurangi jumlah pembayaran bulanan, meskipun bunga yang harus dibayar mungkin akan bertambah. Pertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk perpanjangan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: