8 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk, Solusi Bebas dari Lilitan Utang

8 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk, Solusi Bebas dari Lilitan Utang

cara melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk--foto kunsumen digital

DISWAY JATENG - Terlilit utang menjadi keadaan yang paling menakutkan. Apalagi dengan segala kemudahan yang ditawarkan perusahaan pinjol saat ini. Dengan penawaran yang mudah, seringkali debitur kesulitan mencari cara melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk. 

Menggunakan pinjaman online jika tidak dimanfaatkan dengan bijak hanya akan menimbulkan malapetaka bagi debitur. Karena itu, perlu kalian ketahui cara melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk agar tidak terjadi kerugian dikemudian hari. 

Dengan minimnya informasi dan persiapan seringkali terjadi galbay alias gagal bayar, kondisi tersebut tentu saja menyebabkan masalah finansial yang rumit. Untuk itu, ketahui cara melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk supaya meringankan beban tagihan kalian. 

Dibawah ini ada beberapa cara melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk yang bisa kalian lakukan agar lepas dari beban utang pinjol yang semakin membengkak. Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA:6 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol Tanpa Pinjam ke Teman atau Kerabat

 

1. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Salah satu penyebab orang terlilit pinjol yaitu membiasakan perilaku refinancing atau gali lubang tutup lubang. Meskipun sebagian besar orang sulit terlepas jika sudah terbiasa refinancing, kalian bisa pelan-pelan untuk menghindarinya.

Kebiasaan gali lubang tutup lubang justru tidak efektif dan bisa merugikan kalian, karena utang akan terus bertambah dengan bunga yang berbeda-beda. Ada baiknya mulai memikirkan cara menambah pemasukan, misalnya dengan mencari penghasilan tambahan atau menjual barang pribadi yang tak terpakai.

2. Cari Pemasukan Tambahan

Cara melunasi utang pinjol yang terlanjur menumpuk selanjutnya yaitu dengan mencari pemasukan tambahan selain pemasukan utama. Pemasukan tambahan bisa dari membuka usaha atau jasa yang sederhana, seperti jualan makanan ringan, kursus online, jasa fotografi, dan sebagainya.

BACA JUGA:Terlanjur Utang? Begini 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Lepas dari Beban Tagihan

3. Ajukan Permohonan Pembayaran Bunga Rendah

Cara ini cukup jarang dilakukan oleh kebanyakan orang, sehingga mereka justru kabur dari tagihan sampai mendapatkan uang entah sampai kapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: