6 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol Tanpa Pinjam ke Teman atau Kerabat

6 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol Tanpa Pinjam ke Teman atau Kerabat

cara melunasi utang dengan cepat tanpa pinjam teman--foto pngegg

DISWAY JATENG - Cara melunasi utang pinjol alias pinjaman online ini bisa kalian terapkan jika sedang terjebak dalam jeratan utang, maka lakukan dengan tepat agar utang cepat lunas, jangan biarkan menumpuk karena akan menjadi masalah serius. 

Pinjaman online atau pinjol merupakan platform yang menyediakan dana pinjaman dengan nominal yang bervariasi. Namun, jika debitur tidak bijak dalam menggunakannya maka bisa saja kalian akan mengalami masalah finansial. Sebab itu, ketahui cara melunasi utang pinjol alias pinjaman online dengan cepat. 

Salah satu cara umum yang banyak orang lakukan yaitu dengan meminjam uang dari teman atau keluarga untuk melunasi utang pinjaman online tersebut. Tidak selalu mudah atau nyaman untuk meminta bantuan kepada orang terdekat. Namun, cara melunasi utang pinjol tanpa pinjam teman atau kerabat kini bisa kalian lakukan. 

Lantas, bagaimana cara melunasi utang pinjol dengan cepat tanpa pinjem teman atau kerabat? Dibawah ini ada beberapa langkah tepat yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar tidak terjerat utang pinjaman online yang berkepanjangan. 

BACA JUGA:6 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Menumpuk, Terbukti Aman dan Efektif

Cara Melunasi Utang Pinjaman Online 

1. Gunakan Dana Darurat

Jika kalian memiliki dana darurat yang tersimpan, pertimbangkan untuk menggunakannya untuk membayar utang pinjaman online tersebut. Ini mungkin bukan langkah yang ideal, tetapi lebih baik daripada terus membayar bunga tinggi pada utang pinjaman online.

2. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Jika anggaran bulanan kalian masih belum mencukupi untuk melunasi utang, pertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan. Kalian bisa mencari pekerjaan sampingan, menjual barang yang tidak terpakai atau menawarkan jasa kepada orang lain.

3. Hitung Utang Kalian

Cara melunasi utang pinjol alias pinjaman online bisa dengan mencoba mengevaluasi utang-utang kalian. Catat semua utang pinjaman online yang kalian miliki, termasuk jumlah utang, tingkat bunga, dan tanggal jatuh tempo. Ini akan membantu kalian memiliki gambaran yang jelas tentang seberapa besar utang yang perlu kalian bayar.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Dijamin Aman dan Bebas dari Jeratan Utang

4. Bertanya pada Konselor Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: