6 Deretan Wisata di Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi, Jangan sampai Terlewat untuk Healing Bersama

6 Deretan Wisata di Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi, Jangan sampai Terlewat untuk Healing Bersama

Rekomendasi wisata di Kebumen-Inilah.com-

DISWAYJATENG - Jika sebelumnya kita telah merayapi kecantikan Semarang, Solo, dan Purbalingga, kali ini giliran Kebumen yang akan menjadi tujuan liburan paling hits berikutnya.

Meski mungkin belum sepopuler destinasi tetangganya di DI Yogyakarta, Kebumen memiliki sejumlah destinasi wisata yang siap memikat hati para pelancong. Ayo, mari kita eksplorasi pesona tersembunyi Kebumen!

1. Pantai Menganti

Berbatasan dengan pesisir pantai Selatan, Kebumen memiliki sejumlah pantai yang memikat, salah satunya adalah Pantai Menganti.

Terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, pantai ini mungkin belum setenar pantai-pantai lain di sekitarnya, tapi jangan sepelekan pesonanya. Meskipun aksesnya cukup sulit, namun pemandangan pantai ini tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Pantai Menganti dikelilingi perbukitan dan tebing hijau, menciptakan suasana mirip dengan tempat di Selandia Baru ala iklim tropis.

BACA JUGA: Kuliner Kebumen: 10 Makanan Khas Kebumen yang Wajib Kamu Coba Saat Mengunjunginya!

Selain menikmati keindahan pantai yang belum banyak dijamah, kamu juga bisa menikmati makanan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat.

2. Pantai Karang Agung

Mengunjungi Pantai Karang Agung akan membuatmu teringat pada Tanah Lot di Pulau Dewata. Batuan karang menjulang tinggi, membentang lanskap yang memukau, dan ombak pantai selatan yang bersusulan dipecah oleh karang. Pantai ini tersembunyi di balik deretan perbukitan karst Gombong Selatan.

Untuk mencapai pantai yang sunyi ini, kamu perlu melewati jalan setapak selama sekitar setengah jam dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Pesonanya yang alami dan sepi membuat Pantai Karang Agung menjadi tempat yang sempurna untuk menyepi dan menikmati keindahan alam.

3. Pantai Pecaron

Masih dekat dengan Pantai Ayah, terdapat Pantai Pecaron yang menjadi destinasi tersembunyi layak untuk dikunjungi.

BACA JUGA: 6 Oleh-oleh khas Kebumen yang Wajib Kamu beli Ketika Liburan di Kebumen

Untuk mencapai pantai ini, kamu harus melewati bukit terjal. Meski aksesnya masih sulit karena baru dibuka, namun setelah melewati rintangan, kamu akan menemukan pantai yang indah dan sunyi, hanya diiringi suara deburan ombak yang memecah keheningan.

4. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong, yang terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, merupakan pantai yang cukup terkenal di Kebumen.

Pantai ini ramai didatangi wisatawan karena memiliki goa yang menjadi tempat walet membuat sarang.

Sarang walet ini bahkan menjadi salah satu sumber pendapatan terbesar Kabupaten Kebumen dan dijadikan simbol daerah.

Meskipun medannya sulit dan berbahaya, pengunjung biasa tidak dapat masuk ke dalam goa walet ini dengan bebas.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Kebumen Terbaru yang Lagi Hits dan Instagramable

Penduduk setempat bahkan memiliki tradisi ngunduh sarang walet sebagai bentuk doa untuk keselamatan.

Namun, bagi yang ingin melihat proses memanen walet, di pantai ini juga terdapat goa walet tiruan yang dapat menambah pengetahuanmu.

5. Goa Barat

Kawasan Karst Gombong Selatan tidak hanya menyuguhkan pantai-pantai yang memukau, tapi juga keindahan yang lebih tersembunyi di dalam bumi, yaitu Goa Barat.

Terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, goa ini akan membawamu menjelajahi stalagtit dan stalagmit yang memukau, diiringi gemuruh suara air terjun sebagai latar belakang.

Dalam perjalanan tiga jam menyusuri goa, kamu akan menemukan air terjun yang disebut Superman’s Big Sister.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Kebumen yang Ingin Liburan Seru, Nomor 2 cocok bagi yang sedang dilanda Bucin

Meskipun medannya menantang, pengalaman ini akan menjadi salah satu momen terindah selama liburanmu di Kebumen.

Dengan membayar Rp 180.000 per rombongan, kamu dapat menjelajahi goa dengan pemandu dan peralatan caving yang lengkap.

6. Curug Silancur

Di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung, terdapat keindahan yang tak terduga, yaitu Curug Silancur. Meskipun lokasinya terpencil, air terjun setinggi 20 meter ini menjadi daya tarik tersendiri.

Keunikan Curug Silancur adalah karena air terjun ini tidak membentuk kolam di bawahnya, melainkan jatuh ke batuan purba.

Perjalanan menuju Curug Silancur membutuhkan perjalanan sekitar 35 km dari Kebumen, diikuti dengan berjalan kaki sekitar 20 menit dari tempat parkir kendaraan hingga ke dasar jurang. Namun, usaha ini sepadan dengan keindahan yang akan kamu temui.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: